Share

Kasus HIV di Indonesia Semakin Meningkat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 31 Agustus 2014 08:26 WIB
$detail['images_title']
Menkes mengatakan angka HIV di Indonesia meningkat (Foto: Fika/Okezone)

HIV merupakan target Milienium Development Goal (MDG's) yang harus dicapai oleh Indonesia pada tahun 2014. Namun, berdasarkan data dari UNAIDS, angka kasus HIV di Indonesia tetap mengalami peningkatan.

Meski begitu, Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp. A mengatakan bahwa data-data yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan menunjukkan Indonesia masih on track dalam menekan angka HIV. Menurut Nafsiah, angka HIV meningkat karena pemerintah sengaja lebih banyak melakukan test.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Memang betul bahwa jumlah HIV masih meningkat, oleh karena secara sengaja itu kita lebih banyak melakukan testing. Istilah saya itu membongkar gunung es-nya," ujarnya di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 29 Agustus 2014.

Lebih lanjut, Nafsiah Mboi mengatakan bahwa langkah pemerintah dengan membongkar gunung es dalam menekan angka kematian AIDS menuai hasil positif. Dengan melakukan cara tersebut, menurut Nafsiah angka prevalensi AIDS di Indonesia menjadi menurun.

"Memang menjadi semakin banyak diketahui yang positif HIV, tetapi angka AIDSnya menurun," tutupnya.

(fik)