Share

Kecerdasan Anak Ditentukan pada 1000 Hari Pertama

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 30 Agustus 2014 17:05 WIB
$detail['images_title']
Kecerdasan Anak Ditentukan pada 1000 Hari Pertama (Foto: Projectnursery)

USIA anak dari umur satu sampai tiga tahun adalah masa paling penting bagi tumbuh kembang mereka. Indikator tumbuh kembang anak tidak hanya diukur dari pertumbuhan fisik, namun juga perkembangan otak yang dapat dilihat dari responnya terhadap lingkungan.

"Untuk menaksir kecerdasan otak seorang anak, orang tua perlu memahami perubahan apa saja yang penting bagi anak. Jika orang tua tidak tanggap dengan perkembangan anak, masalah akan datang saat anak sudah dewasa nanti," tutur Prof. Ali Khomsan, Guru Besar IPB, yang berbicara dalam pertemuan laporan evaluasi pencapaian dan rencana kerja Gerakan Posyandu Peduli TAT, Sabtu (30/08/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hasil penelitian Departemen Gizi Masyarakat IPB, persentase jumlah anak dengan kategori baik dalam pertumbuhan sepuluh persen lebih tinggi dibanding anak dengan kategori baik di bidang aktif dan tanggap.

Ini menunjukkan bahwa perhatian terhadap aktif dan tanggap anak dalam usia tiga tahun pertama masih kurang, dibandingkan dengan pencapaian pertumbuhan fisik anak.

"1000 hari pertama kehidupan seorang anak sangat penting untuk diperhatikan," imbuhnya.

Pertumbuhan anak diindikasikan dengan berat dan tinggi badan, serta ukuran kepala sesuai usia. Sementara perkembangan anak yang berkaitan dengan kemampuan otak diukur dengan tingkat aktif dan tanggap.

Untuk mengedukasi orang tua tentang pentingnya hal tersebut bagi anak, orang tua bisa mendatangi posyandu peduli tumbuh-aktif-tanggap. Selain sebagai tempat pelayanan kesehatan, posyandu dapat membantu para orang tua untuk memantau tumbuh dan perkembangan anak.

(fik)