Share

Jamaah Haji Kloter Pertama Diberangkatkan Besok

Bramantyo , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 31 337 1032196 o4fN7sm7N2.jpg Jamaah haji kloter pertama segera diberangkatkan (Foto: Bram/Okezone)
A A A

BOYOLALI - Sebanyak 363 jamaah haji asal Brebes, Jawa Tengah, yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, akan segera diberangkatkan ke tanah suci.

Ratusan jamaah yang berasal dari ‘kota telor asin’ itu mulai memasuki Asrama Haji, Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Pada keberangkatan haji tahun ini, seluruh jamaah asal Brebes, Tegal, masuk dalam Kloter 1, 2, dan 3.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Humas Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Solo, Jawa Tengah, Badrus Salam, menerangkan setelah tiba di asrama, para jamaah haji ini dikarantina. Selama masa karantina, para jamaah akan dicek kelengkapan hajinya, mulai dari paspor hingga cek kesehataan.

Setelah pemeriksaan ulang selesai, para calon jamaah akan diberi living cost atau uang saku untuk memenuhi kebutuhan selama pelaksanaan ibadah haji. Besarannya masing-masing jemaah haji sebesar 1.500 Real.

“Secara resmi para jamaah haji asal Brebes yang masuk dalam Kloter 1 take off dari embarkasi Adi Soemarmo, Senin sekira pukul 07.45 WIB. Tapi para jamaah haji ini harus sudah bersiap-siap sejak pukul 03.45 WIB untuk upacara pelepasan. Rencananya akan dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sedang kloter 2 dan kloter 3 akan menyusul pada hari yang sama sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat,” jelas Badrus kepada Okezone di Asrama Haji, Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (31/8/2014).

Menurut Badrus, selama di tanah suci, para tamu-tamu Allah ini akan didampingi Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Haji (TP4H) yang berjumlah tujuh orang. Selain petugas TP4H, terang Badrus, para jemaah haji inipun akan didampingi petugas TPIHI sebanyak 1 orang, petugas TKHI berjumlah 3 orang yang terdiri dari satu orang dokter dan dua orang perawat‎.

Untuk tahun ini, total jamaah haji yang diberangkat, tambah Badrus, berjumlah 26.538 orang. Para jamaah haji ini akan dibagi kedalam 71 kloter.  "Sebanyak 1.103 orang jamaah ditambah 22 petugas pendamping haji, besok mulai diberangkatkan dalam tiga kloter secara bergelombang sesuai jadwal," pungkasnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini