Share

Robot EROS, Jago Main Sepakbola dan Berprestasi

Yudha Prawira , Sindo TV · Minggu 31 Agustus 2014 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 31 373 1032209 BROvJrPmLF.jpg Robot EROS yang berprestasi dunia (Foto: Dok. PEN Surabaya)
A A A
SURABAYA - Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri (PEN) Surabaya terus menelurkan inovasi dan karya. Robot sepakbola, adalah karya terbaru dari mahasiswa PEN Surabaya ini.

Seakan tidak mau kalah dengan manusia yang mampu bermain sepakbola, robot-robot ini juga bisa menunjukkan kemampuannya dalam bermain sepakbola. Tidak hanya menendang dan melempar bola, robot bernama Eepis Robot Soccer (EROS) ini juga mampu menangkap serta menepis bola.

Sambil berlari, empat robot ini mampu mengolah si kulit bundar di sebuah lapangan mini yang berada di ruang perkuliahan PEN. Ruangan itu disulap menjadi laboratorium robot dan dipenuhi oleh robot yang menendang bola.

Tidak hanya menendang dari depan, robot sepakbola EROS tersebut juga mampu menendang bola dengan kaki belakang. Bahkan, EROS juga mampu melempar bola atau melakukan lemparan ke dalam saat biole keluar lapangan.

Menarik, ada satu robot yang berperan sebagai penjaga gawang yang mampu bergerak menepis dan menangkap bola. Keempat robot ini jelas memiliki perannya masing-masing.

Tiga robot adalah pemain penyerang dan bertahan, sementara satu robot berperan sebagai penjaga gawang. Seluruh robot sepakbola tersebut bisa dirakit dan dibuat di laboratorium PEN Surabaya itu, selama hampir satu tahun.

Robot setinggi 56 centimeter (cm) dan berat 3,8 kilogram (Kg), sangatlah canggih. Mereka dirancang dengan menggunakan program berteknologi moderen. Robot EROS itu mampu mendeteksi bola melalui kamera webcam yang berfungsi sebagai mata robot dan terbuat dari bahan alumunium.

Ada maksud tertentu dari mahasiswa PEN Surabaya yang membuat robot-robot itu. Mereka mempersiapkan robot EROS untuk berbagai kegiatan atau turnamen sepakbola bertaraf internasional yang seringkali mereka ikuti.

Turnamen sepakbola robot yang pernah diikuti oleh tim robot EROS PEN Surabaya adalah di Belanda pada 2013 lalu. Tim EROS pun mampu melaju hingga babak perempat final dan masuk di delapan besar dari 32 tim yang ikut serta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(faj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini