Share

Tehnik Meningkatkan Daya Ingatan (1)

Rani Hardjanti , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 31 373 1032213 Xdvy2NTURG.jpg Ilustrasi: Okezone/Arif Julianto
A A A

JAKARTA - Memasuki tahun ajaran baru, menuntut siswa untuk mampu menyerap pelajaran dengan cepat. Jangan khawatir, sebab otak manusia diciptakan dengan memori yang besar.

Nah, sekarang tinggal bagaimana memanfaatkannya agar maksimal. Berikut ini tips untuk meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Psychology Expert, Kendra Cherry, dalam artikelnya Research-Proven Techniques That Really Work, seperti dikutip Minggu (31/8/2014).  

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

1. Fokus kepada apa yang dipelajari

Memperhatikan dengan seksama semua materi pelajaran adalah langkah yang perlu dilakukan. Pada dasarnya otak memiliki dua fungsi yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Agar materi pelajaran bisa tersimpan pada memori jangka panjang, maka yang perlu dilakukan, mencoa belajar dari situai yang banyak gangguan, seperti televisi, musik, atau hiburan yang lain.

2. Hindari belajar ngebut

Pelajarilah jauh-jauh hari materi pelajaran yang akan diujikan. Jangan menjejalkan semua materi. Menurut Profesor Robert A Bjork (peneliti bidang psikologi UCLA) mempelajari materi pelajatan selama beberapa sesi memberi waktu memadai untuk memproses informasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang belajar secara teratur mengingat materi jauh lebih baik daripada mereka yang melakukan semua mereka belajar dalam satu sesi secara maraton.

 

3. Atur dan buatlah jadwal belajar secata terstuktur

Para peneliti telah menemukan bahwa informasi diatur oleh otak berdasarkan pengelompokan. Pola ini bisa dimanfaatkan untuk dengan mengatur jadwal belajar dan mengelompokannya.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini