Share

Tehnik Meningkatkan Daya Ingatan (2)

Rani Hardjanti , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 31 373 1032216 j9v142xCq5.jpg Ilustrasi: Okezone/Arif Julianto
A A A

JAKARTA - Mendapatkan nilai yang bagus saat ujian bukanlah tercipta dengan sendirinya. Namun, nilai bagus bisa diraih dengan tehnik belajar yang tepat.

Untuk bisa mendapat nilai yang baik, maka perlu diperhatikan tehnik belajar yang benar. Sebab, pada dasarnya otak memiliki kapasitas ingatan yang luas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut ini tips untuk meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Psychology Expert, Kendra Cherry, dalam artikelnya Research-Proven Techniques That Really Work, seperti dikutip Minggu (31/8/2014).  

4. Tehnik Mnemonic

Mnemonic adalah tehnik menghapal dengan cara yang mudah, baik menggunakan singkatan maupun simbol-simbol tertentu. Misalkan untuk menghafal warna pelangi menggunakan singkatan me-ji-ku-hi-bi-ni-u, untuk menjelaskan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

5. Mengulangi berulang-ulang

Agar materi pelajaran tertanam dengan baik di ingatan, gunakanlah tehnik encoding. Caranya, terjemahkan subjek yang akan dihafal, lalu sebutkan secara berulang-ulang. Sehingga saat

6. Menghubungkan yang lama dan baru

Ketika mendapat materi baru, luangkan waktu untuk berpikir tentang bagaimana informasi ini berhubungan dengan hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya. Hubungkanlah informasi baru dengan hal-hal yang sudah diketahui tersebut. Dengan begitu kemungkinan untuk mengingat informasi akan lebih mudah.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini