Share

Tehnik Meningkatkan Daya Ingatan (3)

Rani Hardjanti , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 31 373 1032217 n95N3f5mXE.jpg Ilustrasi: Okezone/Arif Julianto
A A A

JAKARTA - Menyerap informasi agar tidak mudah lupa adalah hal yang bisa dipelajari. Caranya cukup mudah.

Berikut ini tips untuk meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Psychology Expert, Kendra Cherry, dalam artikelnya Research-Proven Techniques That Really Work, seperti dikutip Minggu (31/8/2014).  

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Visualisasikan

Sebagian orang mudah untuk menyerap informasi bisa menggunakan visualisasi. Jika kamu masuk dalam kategori ini, buatlah gambar dari pelajaran yang sedang didalami. Misalkan untuk menghafal komponen daun, gambarlah daun dan partikel yang terkandung di dalamnya.

8. Berkelompok dan tunjuk guru

Selain menggunakan visual, ada tipikal siswa yang bisa dengan mudah menyerap informasi dengan cara mendengarkan. Cobalah belajar bersama teman, lalu tunjuklah salah satu di antara kalian untuk menjadi "guru" secara bergantian. Teman yang bertugas menjadi guru wajib membacakan materi pelajaran. Lalu diskusikan bersama-sama.

9. Atasi pelajari sulit dengan khusus

Jika kamu menemukan pelajaran yang sulit, berikan waktu yang cukup untuk memahami secara seksama. Caranya, pahami hal-hal yang mudah terlebih dahulu sampai ke pokok bahasan yang sulit.

10. Tidurlah yang cukup

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa tidur adalah hal penting untuk memperkuat memori dan proses belajar. Bahkan, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur siang setelah belajar sesuatu yang baru dapat membantu mengingat lebih baik.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini