Share

Belajar Biologi Itu Banyak Gunanya

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Senin 01 September 2014 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 01 373 1032483 0LcIWeFwjn.jpg Biologi dapat dimanfaatkan dalam menjawab berbagai masalah kehidupan. (Foto: dok. Unsoed)
A A A

JAKARTA - Setiap bidang ilmu memiliki manfaat masing-masing dalam kehidupan. Bahkan, ilmu yang nampaknya bersifat sangat teoritis seperti biologi.

Menurut Guru Besar Biologi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Prof. Dra. Endang Srimurni K, M.S., Ph,D., aplikasi biologi sangat penting di era modern seperti sekarang ini. Karena itulah, peran biolog (ahli biologi) pun begitu vital.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di hadapan mahasiswa baru Fakultas Biologi Unsoed, Endang menyampaikan materi bertajuk "Biologi Sekarang dan Prospeknya di Masa Depan". Menurutnya, seiring perkembangan zaman, ilmu biologi akan semakin bermanfaat dalam memecahkan berbagai masalah untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

"Masalah yang berkaitan dengan sandang, pangan, papan, energi, lingkungan kesehatan bahkan sosial dapat diatasi dengan ilmu biologi," tutur Endang, seperti dikutip dari laman Unsoed, Senin (1/9/2014).

Guru besar bidang parasitologi ini menilai, tidak hanya berperan menyediakan barang dan jasa, biologi juga berperan memperbaiki kondisi lingkungan untuk tempat hidup manusia. Karena itulah, para biolog perlu bekerja keras dan memiliki produktivitas tinggi. 

"Ini berarti menjadi bagian dari tugas saya dan saudara sekalian untuk menjawab apa yang menjadi permasalahan manusia dengan ilmu biologi. Dan untuk menjadi biolog handal tidak mudah, butuh keras dan lingkungan yang kondusif untuk mengembangkan ilmu biologi," kata peraih gelar doktor dari Inggris itu. 

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini