Share

Danau Kontroversi di Norwegia

Dewi Kania, Okezone · Senin 01 September 2014 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 01 407 1032874 7ltLoMIEwp.jpg DANAU Sorvagsvatn (Foto:ongsono)
A A A

DANAU Sorvagsvatn di Norwegia menuai kontroversi dari penduduk sekitar. Uniknya lagi, danau tersebut menggunakan ilusi optik seolah mirip dengan laut.

Besar danau ini lebih besar tiga kali dari ukuran danau terbesar kedua di antara kepulauan Faroe, Fajallavatn. Danau ini terletak ketinggian 252 meter di sisi kiri dan 376 meter di sisi kanan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bila dilihat dari jauh, danau tersebut tampak miring ke arah laut. Tetapi hanya terlihat jatuh di satu air terjun kecil. Ilusi optik tersebut menciptakan kesan bahwa waduk terletak ratusan meter di atas permukaan laut.

Pada kenyataannya, beda ketinggian danau dan laut hanya sekitar 30 meter. Namun perubahan kecuraman lekukan bukit-bukit di sekitar danau tampak mustahil.

Kerancauan danau bukan hanya datang dari bentuknya, namun juga penamaan danau. Penduduk sekitar bangga dengan kondisi alam yang mereka miliki dengan sebutan Danau Sorvagsvatn.

Sementara warga dari beberapa kota terdekatnya lebih senang menyebut Danau Leitisvatn lantaran danau itu memiliki anak perairan yang menyebar di kota-kota mereka. Demikian dilansir Atlas Obscura, Senin (1/9/2014)

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini