Share

Memperbaiki Saluran Cuci Piring yang Tersumbat

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Senin 01 September 2014 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 01 472 1032815 pnERwcrpue.jpg Memperbaiki Saluran Cuci Piring yang Tersumbat (Foto : Home improvement)
A A A

JAKARTA - Tersumbatnya tempat cuci piring disebabkan oleh banyaknya kotoran atau sisa-sisa makanan yang menempel di saluran pembuangan. Meski adanya filter pembuangan pada tempat cuci piring, tetapi sisa-sisa makanan tetap saja masih bisa masuk.

Sementara itu, ukuran pipa pembuangan yang kecil pada tempat cuci piring semakin menambah tersumbatnya saluran pembuangan. Seiring titik mampet ini terjadi pada tikungan pipa saluran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bagaimana cara memperbaikinya? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Home Repairing, Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah Karangan Tim Griya Kreasi, Senin (1/9/2014).

Siapkan beberapa alat dan bahan berikut terlebih dahulu. Sarung tangan, air sabun, bor kawat besi untuk saluran pembuangan air, air panas, dan cairan soda api.

Buka filter pembuangan air pada tempat cuci piring. Masukkan cairan pembersih kimia atau soda api sebanyak 1,5 liter ke dalam saluran pembuangan, lalu tunggu hingga 15 menit. Bilas dengan air panas sebanyak dua liter agar lemak dan sisa makanan yang lain terhanyut.

Kemudia, masukkan bor kawat besi ke dalam saluran pembuangan sampai ke lokasi tersumbat. Kencangkan pengunci bor agar dudukan menjadi stabil. Putar bor kawat besi searah jarum jam hingga sisa makanan terkikis dari dinding saluran. Terakhir, cabut bor kawat besi dari saluran pembuangan, lalu bersihkan dengan air sabun sampai sisa-sisa makanan hilang dari saluran.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini