Share

BBM Naik, Biaya Produksi Pasti Naik

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Selasa 02 September 2014 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 19 1033185 rksbaofRKI.jpg BBM Naik, Biaya Produksi Pasti Naik (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Penetapan harga baru Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan berpengaruh pada naiknya biaya produksi. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT) saat ditemui di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Ini kan isu yang sedang hot, tentu saya harus sampaikan bahwa kalau harga BBM naik pasti biaya produksi mau pertanian atau perikanan mau apapun pasti naik," ungkapnya Selasa (2/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, kenaikan harga BBM juga akan menyebabkan inflasi. CT menuturkan umumnya inflasi akan berimbas pada masyarakat kurang mampu, dan akan mempersulit mereka.

"Kalau inflasi terjadi yang paling kena dampaknya adalah orang yang selama ini kehidupannya tidak mencukupi, kalau sudah naik lagi bahan pangan tentu mereka akan lebih susah lagi kehidupannya," kata CT.

Oleh karenanya CT berpendapat pengambilan keputusan menaikkan harga BBM harus dipikirkan sangat serius. Mengingat ada dampak luar biasa yang bisa ditimbulkan. Jangan sampai timbul permasalahan baru.

"Kebijakan menghilangkan subsidi atau menaikkan harga BBM harus dikaji dengan sangat serius dampak yang luar biasa jangan menyelesaikan masalah yang satu dengan meng-create masalah yang lain, tentu ini tidak baik jadi harusnya adalah menyelesaikan masalah yang satu juga bisa menyelesaikan masalah yang lain," tukas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini