Share

Miliarder Nigeria Ini Kena Tipu Rp132 M

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone · Rabu 03 September 2014 04:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 213 1033196 gE25SAZonV.jpg Theophilus Danjuma. (Foto: Forbes)
A A A

JAKARTA - Taipan minyak dan mantan menteri pertahanan Nigeria, Theophilus Danjuma, tertipu oleh salah satu karyawannya. Tidak tanggung-tanggung, miliarder ini kena tipu hingga USD12 juta atau Rp132 miliar jika mengacu kurs sebesar Rp11.000 per USD.

Menurut media di Nigeria, Manasye Obaja Zorto sebelumnya menjabat sebagai asisten khusus Danjuma, telah menggelapkan pendapatan Tita-Kuru Petrochemicals Limited, TY Holdings Limited, perusahaan milik Danjuma, and Central Realities Limited, yang merupakan salah satu orang terkaya di Afrika.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pengadilan Tinggi Federal Lagos mendakwa Zorto telah menggunakan posisinya sebagai Direktur Eksekutif Tita-Kuru dan asisten khusus, keuangan dan investasi untuk Danjuma, guna melaksanakan penipuan. Namun, dia belum tertangkap dan masih berhasil kabur.

Zorto, 48 tahun, sebelumnya menjabat sebagai General Manager Bank Amerika Afrika sebelum bergabung dengan Tita-Kuru Petrokimia pada 2007. Tita-Kuru memiliki saham yang signifikan di Notore Chemical Industries, produsen pupuk urea terbesar di Nigeria.

Danjuma, memiliki kekayaan setidaknya USD700 juta, menurut Forbes. Dia adalah ketua South Atlantic Petroleum, eksplorasi dan produksi minyak dan gas perusahaan hulu Nigeria yang berbasis di Barat, Tengah dan Afrika Timur.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini