Share

Wanita Ini Hidupkan Kembali BUMN Perikanan di Papua

Hendra Kusuma , Okezone · Selasa 02 September 2014 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 320 1033020 PXcWwAkhiG.jpg Wanita Ini Hidupkan Kembali BUMN Perikanan di Papua (Foto: Hendra/Okezone)
A A A

SORONG - PT Perikanan Nusantara (Perinus) kantor cabang Sorong, Papua, berhasil meraih kinerja keuangan yang positif, padahal BUMN perikanan ini dianggap sudah mati sejak 1999.

Kepala Cabang Sorong PT Perikanan Nusantara (Persero) Sri Nunakadarisman mengatakan, keterpurukan BUMN perikanan ini terjadi saat kerusuhan di Ambon. Hak tersebut berdampak terhadap cabang-cabang industri perikanan di wilayah sekitar konflik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kehadiran saya di Sorong ini untuk menghidupkan kembali kegiatan perikanan," kata Sri kepada wartawan di Kantornya, Sorong, Selasa (2/9/2014).

Sri menuturkan, imbas dari kerusuhan Ambon, membuat industri perikanan yang hidup di Indonesia Timur hanya tinggal di Sorong. Beban seperti pembayaran upah hingga biaya operasional menjadi faktor matinya BUMN perikanan khususnya kantor cabang di Ambon dan Sorong.

"Pada akhirnya 1999 mati total, karena tidak kuat membayarkan gaji dan produksi kantor cabang lain," tambahnya.

Sri menjelaskan, catatan positif Kantor Perinus Cabang Sorong tersebut juga diCapai lantaran adanya program yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan soal rencana pembangunan industri perikanan terpadu di Sorong, Papua.

“Adanya kerjasama periknus dengan nelayan setempat untuk membangun kesejahteraan para nelayan setempat," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini