Share

Cegah Impor, Indonesia Harus Jaga Ketahanan Pangan

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Selasa 02 September 2014 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 320 1033204 QayLs8sIme.jpg Cegah Impor, Indonesia Harus Jaga Ketahanan Pangan (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Saat ini, Indonesia berada di peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak di dunia, dengan jumlah penduduk mencapai 253,60 juta jiwa. Dengan jumlah yang tidak sedikit ini, Indonesia harus memiliki sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan primer rakyat.

"Seperti sudah saya sampaikan masalah pangan menjadi penting karena kita tahu penduduk kita jumlahnya besar, makin lama jumlahnya bertambah," ungkap Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) saat ditemui di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Selasa (2/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia menyebutkan setiap tahunnya penduduk Indonesia bertambah hingga 1,6 persen atau sekitar 4 juta orang per tahun.

"Kita tumbuh 1,6 persen atau kurang lebih tumbuh 4 juta orang per tahun. Empat juta orang itu sama seperti jumlah populasi di negara Singapura, itu setiap tahun kita tumbuh seperti itu. Kan harus dikasih makan, untuk itu kita harus menyiapkan makanannya. Kalau enggak mampu menyiapkan makanan, terpaksa kita impor," jelas CT.

Dengan situasi seperti ini, CT meminta supaya ketahanan pangan perlu dijaga. Selain untuk mencegah impor, dengan memiliki ketahanan pangan Indonesia juga bisa mempengaruhi dunia.

"Oleh karenanya ketahanan pangan penting. Selain itu, Kita juga bercita-cita ingin Indonesia jadi lumbung pangan dunia, karena dengan itulah kita juga bisa tahan terhadap pangan kita dan juga bisa pengaruhi dunia dalam artian luas," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini