Share

Menteri Agama Mundur dari Anggota DPR Terpilih

ant , Jurnalis · Selasa 02 September 2014 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 339 1033167 YNpk0V1lTu.jpg Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
A A A

JAKARTA- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengundurkan diri dari daftar anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih periode 2014-2019.

"Kami sudah menerima surat tembusan pengunduran diri Lukman Hakim Saifuddin tadi pagi (Selasa pagi). Alasannya, Beliau menjadi penanggung jawab pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Jadi sebagai bentuk pertanggungjawaban dia makanya mengundurkan diri," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Husni Kamil Manik di ruang kerjanya, di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, KPU belum dapat memproses penggantian calon terpilih tersebut karena surat tembusannya baru berasal dari pihak calon, belum dari DPP Partai Persatuan Pembangunan.

"Kami (KPU) belum dapat memproses karena DPP PPP belum mengirimkan surat permintaan penggantian calon terpilih, meskipun yang bersangkutan (Lukman Hakim) sudah mengajukan pengunduran diri," jelasnya.

Lukman Hakim Saifuddin terpilih menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Dia menjelaskan, proses penggantian calon anggota DPR masih dapat dilakukan sebelum pelantikan Anggota DPR dan DPD RI pada 1 Oktober 2014.

Penggantian calon terpilih dapat dilakukan jika ada permintaan sendiri dari calon terkait, meninggal dunia, atau ada persyaratan yang tidak memenuhi.

Selain itu, KPU juga telah menerima permintaan penggantian calon anggota DPR terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) Laurens Bahang Dama yang meninggal karena kecelakaan pada beberapa waktu lalu.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini