Share

Masuki Dunia Kampus, Tersenyumlah!

Rani Hardjanti , Okezone · Selasa 02 September 2014 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 373 1033093 U8a7B8pyrU.jpg Ternyata, senyum dapat membantu seorang mahasiswa baru lebih mudah beradaptasi dengan dunia kampus. (Foto: US News)
A A A

JAKARTA - Senangnya sudah masuk di dunia kampus. Yap, jenjang pendidikan sudah semakin tinggi dan tidak lagi memakai seragam putih abu-abu.

Tetapi terkadang ada rasa malu dan salah tingkah bila berkenalan dengan teman baru dari latar belakang sekolah yang berbeda. Apalagi kalau harus berpapasan dengan senior atau dosen.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jangan khawatir, Okezone akan mendampingi kalian dalam menghadapi dunia baru dunia kampus. Ada cara ampuh agar bisa mencairkan suasana. Cara itu sangat mudah untuk dilakukan. Apakah itu? Jawabannya adalah senyum.

Dalam jurnal Psychology and Aging, seperti dikutip Selasa (2/9/2014), para ilmuwan mengungkapkan, saat pertemuan pertama dengan orang baru maka persepsi yang tertangkap oleh mereka adalah raut wajah dan penampilan. Maka dengan tersenyum maka akan memberikan sinyal non verbal berupa lampu hijau kepada si lawan bicara.

Selain itu, dengan tersenyum maka kamu bisa mendapatkan banyak manfaat saat memasuki dunia kampus. Antara lain, senyum membuat kita lebih menarik, senyum bisa memicu orang lain untuk tersenyum, senyum bisa membantu lawan bicara untuk tetap berpikir positif. Bahkan hasil penelitian the Max Planck Institute for Human Development di Jerman dan Yale University Amerika Serikat, senyum bisa membuat tampak lebih muda.

Hasil riset menunjukkan, sejumlah model diminta berfoto. Para model dari berbagai rentang umur itu diminta untuk difoto tanpa make up, tanpa perhiasan dan menggunakan baju yang sama, yakni kaos abu-abu. 

Mereka diminta untuk melakukan enam pose yakni marah, takut, sedih, jijik, bahagia dan netral. Setelah diproses, peneliti berhasil mengumpulkan 2.000 foto dengan kelompok

Kemudian para peneliti meminta model  yang berusia muda dan yang lebih tua untuk menebak usia masing-masing foto-foto mereka

Hasilnya? Tebakan usia yang paling akurat terjadi dengan model dalam ekspresi netral atau tersenyum menunjukkan lebih mudah untuk memperkirakan usia yang benar dibanding dengan ekspresi wajah emosional.

Jadi jangan lupa tersenyum ya!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini