Share

Pilih Ekskul Apa di Kampus?

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Selasa 02 September 2014 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 373 1033233 qY4oodye73.jpg Kegiatan ekskul di kampus adalah cara terbaik untuk mencapai pintu passion dan jadi jalan merintis karier juga. (Ilustrasi: dok. Okezone)
A A A

AKTIF di kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) di kampus enggak cuma cara terbaik ketemu teman dengan minat yang sama, tetapi juga akan membuat resume-mu terlihat lebih ciamik. Jadi, sebelum pusing berpikir tentang mencari kerja, lebih baik berpikir kegiatan ekskul apa yang tepat untukmu.

Misalnya kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis, maka bergabunglah dengan koran kampus. Jika kamu suka bekerja sosial, gabung aja jadi sukarelawan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tahukah kamu, kegiatan ekskul di kampus adalah cara terbaik untuk mencapai pintu passion. Siapa tahu, ini bisa jadi jalan merintis karier juga. Supaya enggak bingung, ini panduan memilih kegiatan ekskul di kampus, seperti dilansir US News, Selasa (2/9/2014),

1. Pilih fokus

Jika kamu belum tahu bidang karier apa yang ingin dikejar, coba tanyakan berbagai pertanyaan dasar ini. Apa mata pelajaran favoritmu di sekolah? Bidang apa yang kamu kuasai? Jawabannya bisa menunjukkan minat apa yang ingin kamu tekuni.

2. Cari ekskul yang sesuai

Di kampus, ada ekskul untuk semuanya. Bahkan, kegiatan yang nampaknya enggak menarik. Siapa tahu, keisengan bergabung dengan ekskul malah menjadi kegiatan favoritmu di kampus. Asyiknya, selain bisa ketemu teman baru dengan minat yang sama, pengalaman dan prestasi selama di klub ekskul bisa mempercantik tampilan resume-mu.

3. Pertimbangan lain

Kamu juga bisa mencoba menjadi sukarelawan. Gabung di klub sukarelawan juga penuh keasyikan, kok.

Atau, kamu bisa mempraktikkan ilmu di kampus melalui berbagai program magang. Selain mengasah kemampuan secara profesional, magang juga merupakan cara yang bagus dalam mengenal dunia kerja dan belajar networking.

4. Persempit pilihan

Banyaknya klub ekskul memang bisa membuatmu bingung memilih. Apalagi jika kamu tertarik mencoba semuanya. Tapi ingat ya, jangan sampai terlalu membebani. Pilih saja satu atau dua kegiatan ekskul yang benar-benar bisa kamu jalani dengan serius.

5. Buat ekskul sendiri

Misalnya, kamu memiliki minat atau hobi unik yang belum ada ekskulnya di kampus, kenapa enggak buat klub ekskul sendiri? Biasanya, kampus terbuka, kok, dengan hal ini. Asalkan, tentu saja kamu harus memenuhi semua persyaratan dan prosedurnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini