Share

Picu Kanker, Gelang Warna-Warni Loom Band Ditarik dari Pasar

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Selasa 02 September 2014 14:24 WIB
$detail['images_title']
Loom band bisa memicu kanker (Foto: Telegraph)

AKSESORIS karet mainan atau dikenal dengan loom band, akhirnya ditarik secara masal. Pasalnya, gelang tersebut diketahui mengandung bahan berbahaya yang memicu kanker.

Dalam keterangannya, The Entertainer, selaku peritel aksesoris tersebut mengatakan bahwa keselamatan anak-anak menjadi prioritas utama. Karenanya, penarikan tersebut harus dilakukan setelah hasil temuan tersebut keluar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Keselamatan anak-anak adalah prioritas nomor satu kami. Setiap pelanggan ditawarkan pengembalian dana penuh atau pertukaran pada salah satu toko kami," tulisnya seperti dilansir Telegraph.

Loom band sendiri memang tengah digemari semua orang di dunia. Tidak hanya anak-anak, namun juga dewasa.

Namun setelah dilakukan tes oleh British Assay Office, ternyata ditemukan kandungan phthalate yang cukup tinggi yaitu sebesar 40%. Jumlah tersebut tentunya sudah sangat melebihi batas yang diperbolehkan oleh hukum Uni Eropa yakni 0,1%.

Juru bicara British Assay Office, phthalates sendiri memiliki sifat karsinogen. Sehingga jika dibiarkan maka risiko terbesarnya adalah penyakit kanker.

"Phthalates bisa masuk ke dalam tubuh melalui keringat atau air liur," tutupnya.

 

(fik)