Share
Advertisement

Jejaring Sosial Berdampak Buruk Terhadap Kualitas Hidup

Advent Jose , Jurnalis-Rabu 03 September 2014 06:05 WIB
Ilustrasi Jejaring Sosial Berdampak Buruk Terhadap Kualitas Hidup (foto : Techspot)
Ilustrasi Jejaring Sosial Berdampak Buruk Terhadap Kualitas Hidup (foto : Techspot)
A
A
A
ROMA - Dua ilmuwan Eropa melakukan penelitian mengenai dampak negatif yang mampu ditimbulkan oleh jejaring sosial di dunia maya. Sebagai sampel, penelitian itu telah mensurvei sekira 50 ribu orang  di seluruh Italia.

Fabio Sabatini dari Sapienza University of Rome di Italia dan Francesco Sarracino dari Statec di Luxembourg, melakukan survei tersebut selama kurun waktu dua tahun.

Survei ini memberikan serangkaian pertanyaan kepada responden. Pertanyaan tersebut meliputi seperti apakah tingkat kepuasan kehidupan mereka secara keseluruhan, seberapa sering mereka bertemu dengan teman-teman, dan bagaimana rasa percaya mereka dapat tumbuh kepada orang lain.

Peneliti juga melakukan jajak pendapat mengenai penggunaan jejaring sosial (online media) untuk berkomunikasi. Berbekal sekumpulan data itu, peneliti menyimpulkan interaksi yang dilakukan secara langsung (face to face) dapat lebih meningkatkan tingkat kepercayaan kepada seseorang.

Rasa percaya yang timbul ini, pada akhirnya memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan seseorang. Sementara, dengan media online, interaksi secara langsung mulai tergantikan dengan komunikasi digital.

Hal ini menurut peneliti, berdampak negatif karena mampu menurunkan tingkat kepercayaan seseorang kepada orang lain. Hilangnya kepercayaan ini, pada akhirnya akan menurunkan kualitas hidup dan kesejahteraan seseorang.

Pada akhirnya dua peneliti itu menyimpulkan, penggunaan media sosial juga memiliki dampak negatif yang cukup signifikan terhadap kualitas hidup individu. Demikian dilansir Techspot, Selasa (2/9/2014).

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement