Share

Jero Wacik Ditetapkan Jadi Tersangka?

Misbahol Munir , Okezone · Rabu 03 September 2014 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 03 339 1033550 XrhHr8IAjA.jpg Menteri ESDM, Jero Wacik diduga terlibat kasus korupsi proyek pengadaan di Kementerian ESDM (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

JAKARTA - Status Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sudah diputuskan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Saat ini tinggal menunggu pengumuman resmi terkait status Jero Wacik.  

 

Menurut informasi yang dihimpun Okezone, surat perintah penyidikan (Sprindik) mengenai kasus korupsi dan pemerasan di lingkungan Kementerian ESDM sudah diteken oleh kelima pimpinan KPK. Dan status Jero Wacik sudah diputuskan dalam Sprindik tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Namun saat ditanya mengenai hal tersebut, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, mengatakan belum mengetahuinya.

 

"Setahu saya belum," kata Bambang saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (3/9/2014).

 

Bambang juga tak menjelaskan secara gamblang mengenai kabar status Jero Wacik.

 

Sebelumnya, KPK mengaku telah melakukan gelar perkara terkait dugaan tindak pidana korupsi pengaturan proyek di Kementerian ESDM yang diduga kuat melibatkan Menteri ESDM, Jero Wacik. (Klik: KPK Segera Tentukan Nasib Jero Wacik)

 

"Mudah-mudahan bisa selesaikan minggu ini tapi saya belum bisa janji karena ada satgasnya, tapi dalam waktu dekat lah," kata Ketua KPK Abraham Samad, di Gedung BPKP, Jakarta, Selasa 2 September 2014.

 

Dia menambahkan, modus kejahatan yang dilakukan di Kementrian ESDM masuk kategori pemerasan. "Itu belum nanti akan kita naikan mungkin berupa peneriman yang dikategorikan pemerasan," sambungnya.

 

Saat disinggung soal keterlibatan Jero dalam kasus korupsi di Kementrian ESDM, Samad mengaku, sedang dalam proses pematangan. "Sedang dimatangkan, satu kali lagi ekspos mudah-mudahan," tegasnya.

 

Terkait penyelidikan tersebut, sebelumnya KPK pernah meminta keterangan dari politisi Partai Demokrat itu. Setelah memberikan keterangan, Jero mengaku jika dirinya dikonfirmasi oleh tim penyelidik terkait Dana Operasi Menteri (DOM) tersebut.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini