Share

Kunci Suksesnya Program Perumahan Rakyat di Singapura

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Rabu 03 September 2014 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 03 471 1033476 jva5h84uYu.jpg Kunci Suksesnya Program Perumahan Rakyat di Singapura (Foto : Ilustrasi/Okezone)
A A A

JAKARTA - Soal menata perumahan bagi masyarakatnya, Indonesia bisa belajar dari Singapura. Negeri Singa ini berhasil menata perumahan rakyatnya dengan cara satu ini.

Menurut Pengamat Properti dari Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, terletak pada kemampuan pemerintah dalam mengatur lembaga perumahannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Central Provident Fund (CPF) itu sama seperti Tapera kalau di Indonesia ini berada di bawah Dewan CPF Board di bawah Kementerian Sumber Daya Manusia, beda dengan Indonesia," ungkap dia di Jakarta.

Selain itu, Singapura juga telah memiliki Badan Perumahan atau Housing Development Board yang berada di bawah Kementerian Pembangunan Nasional.

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat Sri Hartoyo mengaku, program perumahan seperti di Singapura itu sangat sulit diterapkan di Indonesia.

"Di sana tata ruangnya jelas sangat jelas, beda dengan di Indonesia. Lalu NJOP tiap tahun disini naik, sehingga susah dapat tanah," ungkapnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini