Share
Advertisement

Awal 2015, Nokia Tes Jaringan 5G

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Rabu 03 September 2014 13:01 WIB
Awal 2015, Nokia Tes Jaringan 5G (Foto: Shutterstock)
Awal 2015, Nokia Tes Jaringan 5G (Foto: Shutterstock)
A
A
A
FINLANDIA - Nokia akan melakukan tes jaringan 5G pada awal tahun depan. Meskipun bidang unit bisnis ponselnya telah dicaplok Microsoft, perusahaan tetap memiliki peran dalam pengembangan teknologi telekomunikasi.

Dilansir Phonearena, Rabu (3/9/2014), meskipun tidak lagi membuat ponsel, Nokia yang memiliki saham Siemens memiliki unit jaringan yang terbangun dengan baik. Perusahaan asal Finlandia yang mengatur tes jaringan 5G ini berada di bawah manajemen Nokia Networks.

Nokia Networks membangun 'switchgear' yang bisa digunakan operator seluler dan mengembangkan jaringan mereka. Kompetitor yang ada seperti Ericsson, Alcatel-Lucent dan Huawei.

Semua perusahaan tersebut memainkan peran dalam menentukan standar untuk generasi kelima komunikasi nirkabel atau yang biasa disebut dengan jaringan 5G. Nokia akan menguji coba jaringan baru ini di Oulu, Finlandia pada awal tahun depan.

Tidak disebutkan seperti apa spesifikasi yang akan Nokia uji untuk teknologi 5G itu. Sebagian besar ide menyimpulkan bahwa 5G memberikan 1.000 kali lipat kapasitas dibandingkan jaringan LTE saat ini.

Selain itu, kemampuan akses data juga bisa meningkat mulai 10 hingga 100 kali lipat dari rata-rata data saat ini. Tidak hanya itu, konsumsi energi juga diharapkan turun mencapai 90 persen.

Diharapkan 5G juga akan membuat 'latency' akan berkurang sekira lima kali lipat. Dengan demikian, 5G bisa membuat kecepatan data lebih dari 500Mbps.

Nokia kabarnya sedang berdiskusi dengan perusahaan telekomunikasi asal Jepang, NTT DoCoMo untuk pengembangan teknologi nirkabel generasi baru. Samsung juga akan bergabung dengan Nokia sebagai bagian dari percobaan 5G oleh DoCoMo di Jepang.

Konon, peluncuran 5G untuk komersial pertama akan direncanakan pada 2020.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement