Share

Sukses LDR dengan Cara Ini

Margaret Puspitarini , Okezone · Senin 15 September 2014 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 13 373 1038723 BdIK0E45F5.jpg Sukses LDR dengan Cara Ini (Ilustrasi : Her Campus)
A A A

JAKARTA - Luar kota maupun luar negeri terkadang menjadi pilihan para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Namun, banyak pertimbangan yang membuat mereka ragu untuk jauh dari rumah. Salah satunya adalah sang pacar.

Menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang tidak mudah bagi sebagian orang. Tapi bukan mustahil pula untuk dijalani.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, baik sebelum berangkat, ketika berada di kota masing-masing, maupun ketika telah kembali ke kota asal. Demikian, seperti dikutip dari Her Campus, Senin (15/9/2014).

Sebelum berangkat

Beri tahu pacar

Bicarakan sejak awal dengan pasangan ketika Anda berencana ingin melanjutkan pendidikan di luar kota atau luar negeri. Dengan demikian kalian berdua bisa menentukan untuk melanjutkan hubungan secara jarak jauh atau mengakhirinya.

Diskusikan aturan

Ketika akan menjalin hubungan jarak jauh, biasanya ada aturan-aturan dasar yang diinginkan oleh tiap pasangan. Jadi, diskusikan dengan pasangan dan buatlah peraturan yang jelas atas diskusi tersebut. Keduanya harus jujur dan terbuka tentang perasaan masing-masing terkait kesediaan untuk menjalin hubungan jarak jauh.

Ketika berada jauh dari pasangan

Bertanggung jawab terhadap aturan yang telah dibuat

Peganglah teguh aturan yang telah Anda dan pasangan sepakati bersama. Selain itu, dua belah pihak harus memiliki rasa percaya terhadap satu sama lain. Itu adalah kunci utama agar hubungan jarak jauh bisa berhasil.

Seimbang antara menjaga komunikasi dan eksplorasi dunia baru

Kunci sukses lain untuk bisa berhasil dalam hubungan jarak jauh adalah komunikasi. Meski demikian, bukan berarti harus menghubungi pacar Anda setiap saat. Berada di tempat baru memberikan kesempatan untuk menambah pengalaman dan teman baru. Maka, Anda harus mampu seimbang dalam membagi porsi antara keduanya. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Pertimbangkan untuk mengunjungi satu sama lain

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengunjungi satu sama lain. Tidak harus selalu Anda yang kembali pulang, pasangan Anda juga harus berinisiatif untuk mengunjungi Anda. Manfaatkan waktu tersebut untuk menghabiskan waktu bersama sebelum kembali pada aktivitas masing-masing.

Ketika kembali pulang

Akuilah jika Anda berubah

Menurut seorang ahli hubungan, yakni Dr. D Ivan Young, kuliah di luar negeri khususnya akan membuat orang berubah. Mereka akan kembali dengan pendangan baru mengenai berbagai hal.

"Jangan berharap mereka yang kuliah di luar negeri akan kembali sebagai orang yang sama. Bagi sebagian besar orang, pengalaman kuliah di luar negeri akan membuka pandangan baru tentang berbagai hal," ujar Young.

Terima perubahan itu dan diskusikan dengan pasangan Anda. Selama perubahan tersebut positif dan tidak mengganggu hubungan Anda dengan sang pacar, kenapa harus takut?

Berbagai tips tadi bukan jaminan hubungan jarak jauh Anda akan berhasil. Yang penting, pastikan komunikasi, rasa percaya, dan setia pada komitmen selalu kalian berdua miliki ketika akan menjalin hubungan jarak jauh.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini