Share

Ini Cara Virzha Kenang 10 Tahun Tsunami Aceh

Salman Mardira, Okezone · Minggu 14 September 2014 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 13 386 1038652 V92ezIzvJT.jpg Ini Cara Virzha Kenang 10 Tahun Tsunami Aceh (Foto: Okezone)
A A A

BANDA ACEH Finalis Indonesian Idol 2014, Muhammad Devirzha (Virzha) punya cara tersendiri mengenang 10 tahun gempa dan tsunami Aceh. Disela pulang ke kampung halamannya itu, Virzha menyempatkan berkunjung ke situs-situs tsunami.

Disela konser tunggalnya di Kota Banda Aceh, pria gondrong itu berziarah ke Kuburan Massal Korban Tsunami di Siron, Aceh Besar dan PLTD Apung, Punge Blang Cut. Di sini, ia mendadak jadi pusat perhatian seiring banyaknya fans yang minta foto bareng dan tanda tangannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Virzha mengaku kunjungannya ke objek wisata tsunami itu sekaligus untuk mengenang bencana yang melanda pesisir Aceh akhir 2004 lalu. Apalagi pada 26 Desember 2014 nanti akan diperingati 10 tahun tsunami.

Virzha memilih sekarang memperingati 10 tahun tsunami, karena khawatir pada 26 Desember nanti, ia tak sempat pulang ke Aceh, untuk doa bersama masyarakat di sana.

“Family, saudara dan teman-teman aku banyak yang menjadi korban tsunami, aku tetap rindu mereka,” kenang Virzha disela melihat PLTD Apung, Punge Blang Cut, Banda Aceh, Sabtu (13/9/2014).

PLTD Apung merupakan bukti dahsyatnya tsunami Aceh. Kapal mesin milik PT PLN (Persero) seberat 2.600 ton itu mulanya berada di dekat Pelabuhan Ulee Lheu. Saat tsunami menerjang, kapal itu terseret arus sejauh empat kilometer, menerjang sejumlah bangunan dan terdampar di Gampong Punge Blang Cut.

 

Karena mustahil untuk memindahkannya ke lokasi semula, PLTD Apung akhirnya dijadikan objek wisata untuk mengenang ganasnya gelombang tsunami yang menewaskan lebih 200 ribu jiwa tersebut. Lokasi ini saban hari ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

(Edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini