Share

Enaknya Tinggal di Perumahan Cluster dan Townhouse

Rani Hardjanti , Okezone · Minggu 14 September 2014 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 13 475 1038655 OzAGo2QC9V.jpg Enaknya Tinggal di Perumahan {Cluster} dan {Townhouse} (Foto: Ist.)
A A A

JAKARTA - Keamanan adalah hal mendasar yang dibutukan pemilik rumah. Kebutuhan itulah yang ditawarkan perumahan jenis cluster atau townhouse.

Kini para pengembang kerap membuat perumahan jenis cluster dan town house, baik di Jabodetabek maupun di luar Pulau Jawa. Penjualan rumah kedua jenis ini pun laris manis di pasaran.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebut saja penjualan rumah tipe cluster besutan PT Jaya Real Property Tbk. Pada 2009, pengembang Bintaro Jaya ini dalam waktu yang singkat mampu menjual 95 persen cluster Emerald View, Bintaro Jaya, Serpong.

Begitu juga PT Modernland Realty Tbk yang berhasil membukukan Rp421 miliar dalam penjualan residensialnya, yaitu cluster Mississippi di Jakarta Garden City, Jakarta Timur. Bahkan nilai transaksi itu direngkuh dalam waktu dalam waktu yang singkat, kurang dari satu bulan.

Pada dasarnya kelebihan konsep rumah town house dan cluster menawarkan akses pintu masuk dengan sistem "single gate" atau satu pintu. Inilah yang membuat penghuni tenang.

"Karena satu pintu jadi keamanan lebih ketat, karena setiap tamu ditanya dan diminta KTPnya di pos satpam. Gerbang depan rumah pun selalu ditutup. Apalagi saya  punya anak yang masih kecil. Jadi lebih aman," ujar Chaerunnisa Aziz, yang memilih membeli rumah cluster di wilayah Cimanggu, Bogor, Minggu (14/9/2014).

Berikut ini rincian kelebihan hunian cluster dan town house:

1. Keamanan lebih terjamin single gate memungkinkan petugas keamanan untuk memantau akses masuk dan keluar perumahan.

2. Perumahan jenis ini tertutup. Sehingga tidak ada hiruk pikuk pengendara umum, relatif tidak bising, dan bisa meminimalisir debu.

3. Memberikan keleluasaan bagi anak-anak dari lalu lalang kendaraan umum. Sehingga bisa bermain dengan nyaman di fasilitas umum yang disediakan oleh 

4. Perumahan tipe cluster dan townhouse biasanya menyediakan lapangan olah raga, taman bermain, mushala dan kolam renang.

5. Pengembang biasanya memfasilitasi pemasangan listrik, telepon, dan pengairan. Jika Anda membangun rumah sendiri, maka hal itu harus diurus sendiri.

6. Tinggal di cluster atau town house memberikan prestise tersendiri bagi penghuninya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini