Share

"Orde Baru Negara Kendalikan Mafia, Sekarang Terbalik"

Selfiani Hasanah , Okezone · Minggu 14 September 2014 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 14 19 1038884 ppygpPrT9B.jpg Ilustrasi migas Indonesia. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Peneliti Indonesia For Global Justice, Salamudin Daeng mengatakan sekarang ini Indonesia berada pada posisi yang terbalik dalam menghadapi gangguan dari luar khususnya para mafia migas.

"Kalau pada masa orde baru negara mengendalikan mafia, kartel, dan lain-lain, tapi kalau sekarang pemerintah yang dikendalikan, jadi terbalik," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia mengatakan, salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengubah segala sistem yang ada. Menurutnya, bila sistemnya tidak diubah maka semua sama saja mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

"Ketika kita tarik sejarah, dia menghancurkan sistem, bukan dengan pendekatan orang per orang tapi juga dengan sistemik, bagaimana sistem yang ada sekarang pada konstitusi kita," jelas dia.

"Jadi harus diubah sistemnya, kalau membentuk satgas hanya akan menggantikan mafia yang lama dengan mafia yang baru, sehingga semakin tidak dapat dikendalikan dan carut marut," tambahnya.

Salamudin melanjutkan, sebagai masyarakat dia yakin apa yang akan dilakukan oleh pemerintah sudah benar dengan sistem yang terbaik. "Kalau pakai sistem yang sejalan dengan konstitusi, ya kita saya yakin itu bisa berhasil," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini