Share

Petral Dilebur ke Pertamina, SKK Migas Jadi BUMN

Hendra Kusuma , Okezone · Senin 15 September 2014 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 19 1039316 FfcPHycwgW.jpg Petral Dilebur ke Pertamina, SKK Migas Jadi BUMN (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Effendi Simbolon menuturkan, wacana pembubaran SKK Migas akan segera direalisasikan pada awal tahun 2015. Bahkan, menurut dia Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) sudah mengetahui wacana tersebut.

"Semangatnya 1 Januari 2015," kata Effendi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Effendi menjelaskan, pembubaran tersebut akan dilakukan dengan menjadikan SKK Migas sebagai unit usaha di bawah naungan BUMN.

"Karena MK memutuskan seperti itu. Tapi semua aset SDM-nya kita alihkan. Menjadi unit usaha berdiri sendiri di bawah BUMN. Seperti Pertamina. Unit investasi dan eksplorasi," tambahnya.

Effendi menuturkan, jikalau nantinya benar SKK Migas dilebur menjadi unit usaha di bawah naungan BUMN. Maka dipastikan akan ditulis ulang UU yang mengikatnya. Namun, saat ini keputusan tersebut masih belum final, dan masih mengikuti judical review terlebih dahulu.

"Jadi b to b dengan KKKS. Dia berkontrak," tambahnya.

Tidak hanya itu, Effendi juga mengungkapkan bahwa Petral pun akan dilebur menjadi unit usaha di bawah naungan BUMN. "Tidak ada lagi fungsi Petral. Jadi bisa di bawah Pertamina. Kan fungsinya ekspor dan impor. Untuk apa ada entitas di luar negeri yang uncontroll," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini