Share

Makanan Tepat untuk Tingkatkan Kinerja di Kantor

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Selasa 16 September 2014 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 370 1039428 Qwq4D773Cg.jpg Makanan Tepat untuk Tingkatkan Kinerja di Kantor (Foto: dok. okezone)
A A A

JAKARTA - Nutrisi yang tepat sangat penting untuk kinerja yang optimal dalam semua aspek kehidupaan sehari-hari, termasuk pekerjaan.

Kalian tidak akan pernah tahu tentang ini dengan melihat kondisi sekeliling kantor, meskipun kebanyakan makan siang di tempat kerja yang terdiri dari makanan berminyak atau karbohidrat olahan seperti pasta, sandwich dengan keju dan mayo serta minuman bersoda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Makanan yang dapat membantu untuk dapat mengurangi stres dengan kombinasi serotonin yang memproduksi karbohidrat olahan, gula, lemak dan garam. Zat tersebut dapat meningkatkan energi dan ketahanan mental .

Berikut tips untuk makan pada jam yang tepat, seperti dilansir laman CareerBuilder, Selasa (16/9/2014):

Pastikan makan yang sehat selama bekerja untuk dapat meningkatkan fokus dan energi, menghabiskan makanan yang ada dan jangan sampai tersisa di piring. Beberapa langkah sederhana yang berdampak positif meningkatkan mood dan produktivitas, seperti makan sayuran hijau.

1. Sayuran berdaun hijau

Merupakan beberapa jenis makanan sehat, seperti jenis sayuran hijau non-starchy dapat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat tepung-varietas baik yang halus dan dimurnikan. Ketika pencernaan karbohidrat diperlambat, maka otak dan otot akan dapat menggunakannya lebih mudah untuk diubah menjadi energi, dan tubuh tidak akan melepaskan banyak insulin untuk menyimpan kelebihan glukosa yang beredar dalam aliran darah.

Selain itu, sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat memainkan peran penting dalam mengatasi berbagai jenis kanker, meningkatkan suasana hati, dan melindungi terhadap berbagai jenis penyakit seperti jantung dan diabetes.

2. Dapatkan zat besi yang cukup.

Zat besi sangat penting untuk energi, karena komponen utama hemoglobin, protein yang mengangkut oksigen ke dalam sel darah merah dalam tubuh untuk dapat dialirkan ke berbagai bagian tubuh.

Kekurangan zat besi bisa berakibat pada penurunan fungsi kognitif untuk orang dewasa maupun anak-anak. Mencoba mengambil suplemen atau menambahkan makanan yang kaya akan zat besi ke dalam diet, seperti daging sapi tanpa lemak, daging ayam, tahu, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

3. Konsumsi makanan yang mengandung Asam lemak omega-3

Kandungan tersebut sangat penting dan tepat untuk fungsi otak dan menjaga suasana hati. Kekurangan asam lemak omega-3 dapat berkontribusi kepada prevalensi depresi. Omega-3 dapat diperolah melalui makanan ikan, suplemen minyak ikan, biji wami atau walnut.

4. Jangan mengkonsumsi kafein berlebihan.

Mengkonsumsi sedikit kafein dapat meningkatkan metabolisme dan respons dan dapat meningkatkan agresivitas. Kinerja kognitif akan meningkat secara alami setelah mengonsumsi kafein, seperti membawa kembali ke kinerja baik. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini