Share

Asosiasi Prodi Pembangunan Sosial Dibentuk

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Senin 15 September 2014 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 373 1039094 ZXP93lAZMx.jpg Bangun Kerjasama Ilmu Sosial, Asosiasi Prodi Pembangunan Sosial Dibentuk (Foto: dok. UGM)
A A A

JAKARTA - Selama ini dalam pengembangan keilmuan belum terdapat kerjasama yang baik antar-program studi (prodi) pembangunan sosial di berbagai perguruan tinggi Indonesia.

Misalnya, dalam hal penyusunan kurikulum masih dilakukan secara mandiri oleh masing-masing prodi. Oleh karena itu, untuk membangun kerjasama memberikan kontribusi antar-perguruan tinggi Indonesia dalam bidang pembangunan nasional, Asosiasi Program Studi Pembangunan Sosial Indonesia (APPSI) secara resmi dibentuk dan diketuai oleh Prof Dr Susetiawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Asosiasi ini dibentuk dengan tujuan membangun kerjasama antar-anggota maupun lembaga di luarnya dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kebijakan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pembangunan sosial,” ujar Susetiawan, seperti dilansir laman UGM, Senin (15/9/2014).

Jadi, guru besar (gubes) Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) itu mengatakan, dengan adanya asosiasi ini, pengembangan kurikulum ke depan akan dilaksanakan secara bersama-sama antar-anggota asosiasi.

“Agenda ke depan bersama-sama menyusun kurikulum inti dan kurikulum lokal,” ucapnya.

Asosiasi ini tidak hanya ditujukan sebagai wadah para anggotanya untuk mewujudkan kebijakan pengembangan pendidikan dan kurikulum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pembangunan sosial. Akan tetapi, juga diharapkan dapat mengawal proses perubahan nama prodi ilmu sosiatri se-Indonesia menuju prodi pembangunan sosial.

“Total ada tujuh prodi yang tergabung dalam asosiasi ini," ungkap Ketua APPSI untuk masa tugas 2014-2016 itu.

Adapun anggota APPSI yaitu Prodi Pembangunan Sosial dan Kesejahteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Prodi Ilmu Sosiatri Universitas Mulawarman (Unmul), Prodi Ilmu Sosiatri Universitas Tanjung Pura, dan Prodi Pembangunan Sosial STPMD APMD.

Kemudian, Prodi Ilmu Sosiatri Universitas Iskandar Muda, Prodi Ilmu Sosiatri Universitas Gunungkidul, serta prodi Ilmu Sosiatri STPM Santa Ursula. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini