Share

Kampus Harus Bentuk Karakter

Margaret Puspitarini , Okezone · Senin 15 September 2014 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 373 1039419 6YQVsONWYf.jpg Kampus Harus Bentuk Karakter (Ilustrasi Foto : Okezone)
A A A

JAKARTA - Tugas perguruan tinggi tidak hanya mencetak lulusan guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebab, perguruan tinggi juga bertanggung jawab atas karakter para lulusannya.

Pesan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengisi kuliah umum mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Dia menyatakan, perguruan tinggi tidak hanya bertanggung jawab terhadap perkembangan rasio, melainkan karakter generasi muda.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Kampus bukan hanya mendidik berpikir secara rasio. Tapi kampus punya tanggung jawab padap pendidikan karakter emosional dan spiritual. Itu akan menjadi investasi pendidikan bagi bangsa ini,” ujar Ganjar, seperti dikutip dari situs Unnes, Senin (15/9/2014).

Senada dengan Ganjar, Rektor Unnes Fathur Rokhman pun berpendapat jika kampus berperan sebagai media transformasi para mahasiswa. Oleh karena itu, tanggung jawab kampus bukan hanya dalam segi akademik saja.

"Kampus memiliki tanggung jawab sosial yang besar. Karena setiap perguruan tinggi memiliki fungsi transformasi," imbuh Fathur.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini