Share

Ratu Elizabeth II: Pikirkan Matang Masa Depan Kalian

Andreas Gerry Tuwo , Okezone · Senin 15 September 2014 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 414 1039063 G3d8K1phLn.jpg Referendum Skotlandia Dikomentari Ratu Elizabeth II (Foto:Reuters)
A A A

LONDON - Kepala Negara Inggris, Ratu Elizabeth II akhirnya angkat bicara soal kemerdekaan yang diminta Skotlandia. Referendum untuk menentukan nasib Skotlandia akan digelar pada 18 September 2014.

"Pikirkan masak-masak mengenai masa depan kalian (Skotlandia)," sebut Ratu Elizabeth II seperti dikutip dari Time, Senin (15/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keterangan ini disampaikan Ratu Elizabeth seusai menghadiri ibadah rutin Minggu. Saat itu, ibu dari Pangeran Charles tersebut beribadah di Gereja Barmoral di Skotlandia.

Walau akhirnya angkat bicara, Ratu Elizabeth II menolak untuk memberikan keterangan lebih lanjut apa yang harus rakyat Skotlandia pilih. Diduga hal ini terkait dengan sikap Ratu Elizabeth II yang ingin menunjukan sikap netral.

Sikap yang ditujukan oleh Ratu Elizabet itu, turut mematahkan permintaan Partai Konservatif Inggris. Partai yang berpengaruh di Inggris ini menuntut sang Ratu agar menentukan sikap soal referendum Skotlandia.

Sikap dari Ratu Elizabeth diyakini dapat mempengaruhi pilihan warga Skotlandia. Apalagi, sampai sekarang sejumlah jajak pendapat masih menunjukan warga yang setuju dan tidak soal kemerdekaan terus bersaing.

Bila kemerdekaan Skotlandia terwujuda maka ini akan menjadi sejarah besar di Inggris. Pasalnya, Skotlandia telah menjadi bagian dari Inggris Raya semenjak 300 tahun lalu.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini