Share
Advertisement

Beberapa Hari Mendatang 2 Badai Matahari Terjang Bumi

Amril Amarullah , Jurnalis-Selasa 16 September 2014 11:33 WIB
Gambar gumpalan badai matahari (foto: NASA)
Gambar gumpalan badai matahari (foto: NASA)
A
A
A
CALIFORNIA - Beberapa waktu lalu, matahari mengirimkan partikel surya atau coronal mass ejection (CME) ke Bumi. Fenomena alam yang disebut dengan badai matahari itu beberapa hari ke depan kembali akan menghampiri alam semesta ini.

Para ilmuwan dari Dinas Ramalan Cuaca Antariksa Amerika bersiap dengan kemunculan dua badai matahari yang akan datang secara berturut-turut. Diperkirakan akan melanda Bumi dalam beberapa hari mendatang.

Seperti dikutip VOA, Selasa (16/9/2014), para pakar mengatakan badai kuat demikian adalah biasa, tetapi dua badai berturut-turutĀ  adalah sangat jarang. Badai matahariĀ  terjadi karena ledakan-ledakan pada matahari melemparkan partikel-partikel matahari yang bermuatan magnet ke medan magnet Bumi.

Para pakar meramalkan sebagian komunikasi radio dan peralatan untuk mengetahui lokasi di Bumi atau GPS dapat terganggu.

Mereka mengatakan mereka tidak memperkirakan terputusnya penyaluran atau transmisi listrik di seluruh dunia, tetapi mereka mengatakan mereka akan mengawasi keadaan dengan seksama.

Sementara seperti dilansir Techtimes, pesawat luar angkasa Solar Dynamics Observatory milik badan antarika Amerika Serikat, NASA menangkap jejak ledakan matahari masif pada Selasa atau 2 September lalu.

Dalam sebuah rekaman video, terlihat matahari melepaskan plasma. Puing-puing dari plasma atau CME tersebut bisa mengarah ke Bumi. Website Space.com menerangkan, CME ini bisa membuat badai geomagnetik saat terbentur dengan Bumi.

Dampak dari fenomena alam ini bisa mempengaruhi sistem kelistrikan, menyebabkan pemadaman gelombang radio dan menghasilkan aurora yang menakjubkan. Jika CME ini bergerak menuju Bumi, para ilmuwan memperkirakan bahwa partikel surya tersebut bisa menghantam medan magnet Bumi.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement