Share

RI Sudah Siap Hadapi Kenaikan Fed Rate

Selfiani Hasanah , Okezone · Selasa 16 September 2014 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 20 1040044 DuiwzNSL1J.jpg Ilustrasi suku bunga Amerika yang akan naik. (Foto: OKezone)
A A A

JAKARTA - Indonesia dinilai mampu menghadapi kenaikan suku bunga The Fed yang rencananya akan dilakukan tahun depan. Pasalnya, kondisi perekonomian Indonesia sampai akhir tahun ini diperkirakan tetap stabil. 

Ekonom Royal Bank of Scotland (RBS) Asia Tenggara, Vaninder Singh, memproyeksikan defisit neraca pembayaran Indonesia sebesar 2,8 persen dari Produk Domestik Bruto, dan inflasi akan sejalan target Bank Indonesia (BI) hingga akhir tahun. Dengan indikasi tersebut, diyakini nilai tukar Rupiah tidak akan jauh berbeda dari kondisi sekarang di kisaran Rp 11.900 per USD.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Ada faktor yang melemahkan perekonomian domestik sampai akhir tahun seperti, turunnya konsumsi rumah tangga setelah Ramadan, tapi faktor penunjang lainnya adalah sudah diizinkannya ekspor konsentrat tambang untuk beberapa perusahaan,” paparnya, Selasa (16/9/2014).

Dia menyebutkan jika dilihat dari indikator-indikator makroekonomi yang dimiliki Indonesia, dia yakin Indonesia akan siap menghadapi potensi kenaikan Fed Fund Rate pada triwulan II atau III tahun depan. Untuk itu, pemerintah dan BI harus sanggup bekerja sama memperkuat sektor riil dan moneter bebarengan.

“Mempertimbangkan bahwa ekspor tambang sudah mulai lagi di triwulan III tahun ini, dan kinerja manufaktur akan membaik, maka tidak ada alasan bagi BI Rate naik tahun ini, dan itu sebaiknya dilakukan pertengahan tahun depan,” tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini