Share

SBY Penentu Sikap Demokrat di RUU Pilkada

Arief Setyadi , Okezone · Selasa 16 September 2014 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 339 1040102 JT1YmEPKaj.jpg Ketua Umum Partai Demokrat, SBY
A A A

JAKARTA - Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Amir Syamsuddin, menepis terbelahnya suara partainya terkait Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada).

Dia menjelaskan, ketetapan arah Partai Demokrat atas RUU Pilkada masih menunggu sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketua Umum Partai berlambang bintang mercy itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Saya kira penjurunya Ketua Umum Demokrat, dia yang jadi pegangan Partai Demokrat," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Amir yang juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum-HAM) itu menegaskan, pernyataan SBY melalui wawancara video yang diunggah ke Youtube harus dimaknai positif, mengingat demokrasi yang sudah dicapai telah mendapatkan penghargaan di mata dunia.

"Oleh karena itu meningkatkan, bukan mengurangi," tukasnya.

SBY dengan jelas akan mempertimbangkan sikapnya atas polemik RUU Pilkada ini, di mana ia memahami kalau Pilkada langsung masih banyak kekurangan kendati tak dipungkiri mekanisme ini juga sudah sekira sepuluh tahun diterapkan, sehingga diperlukan beberapa perbaikan.

Sementara itu, sikap fraksi Partai Demokrat sejatinya telah mendukung Pilkada lewat DPRD. Hal itu dilakukan karena Pilkada langsung ditenggarai rawan konflik horizontal dan marak politik uang, serta membutuhkan biaya yang besar.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini