Share

10 Kampus Pencetak Miliarder (1)

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 17 September 2014 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 373 1039946 v3urachoxs.jpg Harvard University menempati posisi puncak kampus pencetak miliarder dunia. (Foto: Harvard)
A A A

JAKARTA - Biaya kuliah yang sangat tinggi menuai perdebatan tak berujung, apakah orangtua harus membayar hingga USD50 ribu (sekira Rp597,7  juta) untuk masuk kampus elite di luar negeri? Tetapi, jika Anda mengejar hasil dari pendidikan tersebut, maka persoalannya menjadi lain.

Hasil riset terbaru yang dikeluarkan Wealth-X, belum lama ini menunjukkan, beberapa perguruan tinggi dunia melahirkan banyak alumni miliarder. Wealth-X, seperti dilansir CNBC, Rabu (17/9/2014), membuat daftar pemeringkatan kampus dengan alumni super kaya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setiap sekolah tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Namun, ada beberapa kesamaan di antara mereka. Kebanyakan perguruan tinggi tersebut, Presiden Wealth-X David Friedman, adalah kampus swasta elite. Dan yang lebih penting, adalah akses yang mereka tawarkan.

"Daftar ini memvalidasi apa yang selama ini dibicarakan masyarakat," kata Friedman.

Berikut 10 kampus dunia pencetak miliarder

1. Harvard University

Alumni miliader: 52 orang

Total kekayaan: USD205 miliar

Harvard kini menjadi institusi sentral dalam jaringan bisnis dunia.  Bagi bankir berdarah Brazil dan Swiss, Jorge Lemann,Harvard adalah batu loncatannya dalam meraih pekerjaan di Credit Suisse. Harvard membantunya meraih kepemimpinan dalam konglomerasi  global yang baru-baru ini mengumumkan kesepakatan untuk membeli HJ Heinz dengan Warren

Selain Lemann, pendiri Facebook Eduardo Saverin juga berkuliah di Harvard. Dia menghasilkan jutaan dolar dari Silicon Valley dan kini menjalankan bisnisnya di Singapura.

2. University of Pennsylvania

Alumni miliarder: 28 orang

Total kekayaan: USD112 miliar

Pengusaha dari New York, Ronald Perelman meraih gelar S-2 dari Wharton School, University of Pennsylvania. Belum lama ini, dia memberikan hadiah ke almamaternya berupa donasi sebesar USD25 juta untuk mendanai Pusat Ronald O. Perelman untuk Ilmu Politik dan Ekonomi di kampus.

3. Stanford University

Alumni miliarder: 27 orang

Total kekayaan: USD76 miliar

Sergey Brin sedang mengambil cuti dari studi S-3 di Stanford University ketika ikut mendirikan Google. Seperti halnya Brin, 71 persen miliarder dari Stanford mengusahakan bisnis mereka secara mandiri.

4. New York University

Alumni miliarder: 17

Total kekayaan: USD68 miliar

Pada akhir 1970-an, John Paulson, menuntut ilmu di New York University. Dia kemudian meninggalkan kampus untuk bepergian, lalu kembali untuk menyelesaikan kuliahnya dan melanjutkan studi pascasarjana di Harvard University. Kini Paulson adalah pengelola investasi (hedge-fund) dengan kekayaan senilai USD11 miliar. Selain Paulson, 74 persen alumni New York University menjadi miliarder.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini