Share

10 Kampus Pencetak Miliarder (2)

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 17 September 2014 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 373 1039952 na2Ux6EupM.jpg University of Cambridge menjadi satu-satunya kampus Inggris dalam 10 besar pemeringkatan kampus pencetak miliarder dunia. (Foto: Famous Wonders)
A A A

JAKARTA – Berkuliah di kampus elite di luar negeri terbukti menjadi kemudahan bagi para alumninya. Tidak hanya itu, kelebihan akses yang ditawarkan kampus bisa menjadi batu loncatan alumni menjadi miliarder.

Riset Wealth-X, belum lama ini menunjukkan, perguruan tinggi dunia mampu mencetak miliarder. Berikut lanjutan peringkat kampus dengan almuni super kaya, seperti dilansir CNBC, Rabu (17/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Columbia University

Alumni miliarder: 15 orang

Total kekayaan: USD96 miliar

Kampus ini merupakan almamater Warren Buffett.

6. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Alumni miliarder: 15 orang

Total kekayaan: USD114 miliar

Kebanyakan mahasiswa MIT adalah laki-laki, dan hanya ada sekira dua persen perempuan menuntut studi di sini. Perguruan tinggi berorientasi matematika ini terkenal dengan analisis kuantitatifnya bagi industri pengelolaan dana investasi. Kekayaan alumninya mencapai USD7 miliar per orang. Salah satu alumni MIT yang menjadi miliarder adalah David Koch, yang merupakan bintang lapangan basket selama berkuliah di sana.

7. Cornell University

Alumni miliarder: 14 orang

Total kekayaan: USD35 miliar

Seperti Herbert Fisk Johnson III, 23 persen miliarder yang berkuliah di Cornell mewarisi kekayaan keluarga. Fisk ada di urutan kelima dalam bisnis produk kebersihan raksasa, SC Johnson & Son. Dia memiliki dua gelar master dalam bidang teknik dan fisika, satu gelar doktor di bidang fisika dan satu gelar master bisnis dari kampus ini. Sekolah pascasarjana manajemen di Cornell University dinamai Samuel Curtis Johnson, pendiri perusahaan SC Johnson & Son.

8. University of Southern California (USC)

Alumni miliarder: 14 orang

Total kekayaan: USD32 miliar

Para alumni USC tidak menghasilkan kekayaan cukup banyak jika dibandingkan dengan kampus lainnya. Salah satu alumnus USC adalah sutradara film Star Wars, George Lucas. Dia "hanya" mengumpulkan USD3,3 miliar.

9. Yale University

Alumni miliarder: 13 orang

Total kekayaan: USD77 miliar

Dalam sebuah wawancara, CEO dari perusahaan ekuitas swasta, Blackstone Group, Stephen Schwarzman, menyebutkan, dia memilih Yale University setelah melihat gaya berpakaian mahasiswanya; santai dengan kaos dan jaket olahraga.

10. University of Cambridge

Alumni miliarder: 11 orang

Total kekayaan: USD48 miliar

University of Cambridge adalah satu-satunya perguruan tinggi di luar AS yang masuk daftar. Selama ini, Cambridge menjadi pemuncak dalam daftar kampus terbaik bagi pelajar internasional. Salah satu alumnus Cambridge adalah raja real estate dari Beijing, Zhang Xin.

Dia membeli tiket pesawat ke Inggris dengan uang tabungannya, upah bekerja sebagai karyawan pabrik di Hong Kong. Selama kuliah S-2 di bidang perkembangan ekonomi, Xin bekerja paruh waktu di kedai makanan. Saat ini, kekayaan Xin dan suaminya mencapai USD2.65 miliar. Xin menduduki peringkat ketiga dalam daftar wanita kaya di China.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini