Share

Persiapan Ngekos Bareng Teman

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 17 September 2014 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 373 1040076 hQw3owtTvl.jpg Tinggal bareng teman sekamar perlu persiapan matang. (Ilustrasi: Her Campus)
A A A

JAKARTA - Pindah kos atau tinggal di kamar kos untuk pertama kalinya bisa jadi sangat merepotkan. Memilih barang-barang yang akan dibawa, hingga menentukan tema dekorasi kamar pun menjadi urusan yang memutar otak.   

Kerepotan ini akan bertambah jika kita memutuskan tinggal berdua dengan teman. Supaya acara pindahan untuk tinggal bareng teman ini berjalan mulus, persiapannya pun harus matang. Yuk, hubungi calon roommate kita dan ajukan pertanyaan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

1. Apa yang kamu bawa ke kamar?

Jangan sampai kalian membawa dua barang dengan fungsi sama, ya. Cukup satu televisi, lemari es atau barang elektronik lain yang bisa dipakai bersama-sama. Ingat, kamar kos biasanya enggak besar, jadi ruang yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

2. Ada yang membantu pindahan? Kapan kamu akan pindahan?

Berkoordinasi agenda pindahan juga ide bagus. Dengan begitu, kalian bisa saling membantu. Selain itu, mengantisipasi berkumpulnya banyak orang dalam satu ruang yang tentunya malah akan menghambat urusan pindahan ini. 

3. Kira-kira mau mendekorasi kamar seperti apa ya?

Cari tahu, apa ide teman sekamarmu untuk dekorasi ruangan. Jangan sampai kamu sibuk memikirkan rencana dekorasi sendirian, ya.

4. Apa hobi atau kegiatanmu di waktu luang?

Informasi ini bisa menjadi cara untuk mengetahui kesamaan minat dengan roommate. Kamu juga jadi punya bahan pembicaraan dengannya kan?

5. Ada teman di kampus ini?

Bertemu orang melalui teman sekamar adalah cara yang baik untuk melebarkan lingkaran sosialmu di kampus, terutama di awal masa kuliah. Selain itu, pertanyaan ini juga memberikanmu kesempatan untuk mengetahui apakah teman sekamarmu akan memakai kamar untuk bersosialisasi. Selanjutnya, kalian bisa mendiskusikan berbagai masalah yang mungkin  muncul dari hal tersebut, deh. Demikian seperti dilansir dari Her Campus, Rabu (17/9/2014).

6. Bagaimana pandanganmu tentang cara memakai kamar ini?

Banyak mahasiswa memakai kamarnya untuk belajar, bersosialiasi dan beristirahat di kamar kos. Bicarakan juga soal siapa saja tamu yang bisa masuk kamar ini. Tetapkan batasan untuk memastikan kamu dan teman sekamar menikmati waktu di kamar sesuai harapan.

7. Bagaimana kebiasaan belajar, istirahat atau tidurmu?

Jangan lupa, bicarakan juga detail tentang kegiatan sehari-hari yang kalian jalani. Misalnya, kamu suka belajar dengan musik dan tidur dengan lampu menyala. Dengan berbagi informasi ini di awal, kalian akan nyaman menjalani hari-hari sebagai teman sekamar.

8. Apa yang kamu tahu soal kampus?

Ini merupakan salah satu cara menjalin hubungan yang lebih erat dengan teman sekamar. Dengan berbagi informasi seputar kampus atau lingkungan sekitarnya, kalian bisa merencanakan berbagai kegiatan asyik berdua sekaligus mengakrabkan diri satu sama lain.

9. Barang apa yang tidak boleh ada di kamar?

Selain barang apa yang akan dibawa, kalian perlu juga menyampaikan informasi tentang barang-barang apa saja yang tidak boleh ada di kamar. Misalnya, jika teman sekamar alergi pada sesuatu, jangan bawa bahan tersebut ke kamar.

10. Perlu buat peraturan tertulis?

Nah, kalau sudah ada kesepakatan, pastikan apakah kalian perlu membuat peraturan tertulis untuk ditempel di kamar.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini