Share

10 Fakta Mengenai Pembangunan Pulau Palm di Dubai

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Selasa 16 September 2014 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 474 1039760 xfxey3CPWK.jpg 10 Fakta Mengenai Pembangunan Pulau Palm di Dubai (Foto : Telegraph)
A A A

DUBAI - Dubai memiliki sebuah pulau buatan yang bernama Palm Island. Pulau ini menjadi populer karena merupakan destinasi favorit bagi para orang kaya di dunia.

Sama seperti namanya, pulau ini dibuat persis berbentuk pohon palem. Pulau ini terdiri atas batang dan mahkota yang terdiri atas 16 daun. Di sampingnya terdapat sebuah pulau berbentuk bulan sabit yang merupakan rumah bagi resor mewah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pembangunan Palm Island ini dimulai sejak tahun 2011. Dan saat ini, pulau ini merupakan "rumah" bagi 65.000 wisatawan. Pembangunan Palm ini menggunakan 7 juta ton batu alam. Pembangunan pulau ini menggunakan batu alam untuk mendorong terciptanya karang alami dan menjaga kelangsungan kehidupan laut di pantai Dubai.

Dilansir dari Traveladivisor, pada saat dibangun, ada 10 fakta tersembunyi dari Pulau Palm ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Pertama, pada saat dibangun, perencanaan Palm Island ini dilakukan lebih dari 100 studi untuk menentukan kelayakan proyek.

Kedua, pulau ini benar-benar dibangun dari rangkaian pulau-pulau kecil sehingga membentuk seperti pohon palem. Hingga kini, belum ada satu pun pulau buatan di dunia yang bisa mencontoh seperti itu.

Ketiga, pada saat dibangun, ada penyelam khusus dan bersertifikat untuk memeriksa batuan dibawah laut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa fondasi bangunan akan stabil.

Keempat, selain Tembok Berlin, saking luasnya pulau ini dapat terlihat dari ruang angkasa dengan mata telanjang.

Kelima, Palm Island berlokasi sekira 60 kilometer dari garis pantai Dubai

Keenam, ada lebih 12.000 pohon sawit yang ditanam di pulau ini. Pulau ini juga menjadi pemasok pohon palem di Dubai.

Ketujuh, bulan sabit yang mengelilingi Pulau Palm ini bertindak sebagai "tameng" yang melindungi pulau dari gelombang tinggi dari topan dan badai. Tameng ini terbuat dari pasir, serat geotekstil dan batu kerikil dan sangat kuat dan stabil.

Kedelapan, selain sebagai tempat tinggal kaum jetset di Dubai, pulau ini juga menjadi basis dari hotel-hotel super mewah dan terbaik di Dubai.

Kesembilan, sebenarnya Palm Island bukanlah sebuah pulau. Palm Island memiliki sebuah jembatan yang dapat terhubung ke daratan.

Kesepuluh, pembangunan Palm Island ini menggunakan lebih dari 32 juta meter kubik pasir. Sebagian besar pasir ini berasal dari dasar laut di laut Dubai.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini