Share

Musim Haji, Clock Tower Makkah Resmi Dibuka untuk Umum

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Rabu 17 September 2014 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 474 1039991 gI0jghR3Pv.jpg Musim Haji, Clock Tower Makkah Resmi Dibuka untuk Umum (Foto : www.constructionweekonline.com)
A A A

JAKARTA - Dalam rangka menyambut musim haji pada tahun ini, Pemerintah Arab Saudi akan membuka gedung tertinggi kedua di dunia, Clock Tower Makkah.

Seperti dilansir dari Arabnews, Rabu (16/9/2014), berhadapan langsung dengan Masjidil Haram, menara ini dibangun dengan 120 lantai dengan tinggi 601 meter. Bangunan ini terdiri atas dua menara jam yang besar. Jam raksasa memiliki ukuran 43 meter, dengan ukuran jarum menit sepanjang 23 meter, dan jarum jam seberat 21 ton.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Clock Tower Makkah ini di gadang-gadang 35 kali lebih besar dari Big Ben di London. Tidak hanya berukuran raksasa, di sekeliling jam tersebut dihiasi lebih dari 98 juta ubin mosaik kaca dengan daun emas 24 karat. Jam ini juga disinari lebih dari dua juta lampu LED yang dapat menerangi hingga jarak delapan kilometer.

"Pengunjung nantinya akan diperbolehkan untuk masuk ke dalam menara dan melihat interior jam raksasa ini. Sejumlah besar pengunjung dari berbagai negara akan diizinkan untuk mengunjungi menara untuk mendapatkan melihat dari dekat interior jam raksasa ini. Untuk memasuki menara ini, akan diberlakukan tiket masuk," kata seorang pejabat dari Arab News.

Di setiap sisi jam tersebut akan ditulis lafaz "Allah". Mega proyek ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu proyek terbesar di dunia yang pernah dibuat manusia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini