Share

Ketombe Dijamin Hilang Seketika

Restika Ayu Prasasty, Okezone · Rabu 17 September 2014 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 195 1040390 VGoqO6sNm9.jpg Ketombe dijamin hilang seketika (Foto: Google)
A A A

PERNAH memakai pakaian keren dan seksi warna hitam, namun ketika melihat bahu Anda ada titik putih kecil di mana-mana? Itu tidak seksi dan pasti tidak diinginkan oleh semua orang.

 

Penata rambut Diane Stevens memberi tip bagaimana melawan ketombe,menjaga kulit kepala sehat dan bebas ketombe, seperti dilansir Women's Health.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Konsumsi vitamin

Stevens mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, B, dan C dapat membantu memastikan kulit kepala tetap sehat. Nutrisi ini sangat penting untuk sistem peredaran darah dan pertumbuhan sel, serta mendukung sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan ketombe. Coba campurkan smoothie tiga vitamin tersebut dengan menggabungkan bahan-bahan, seperti aprikot, sayuran berdaun hijau, dan stroberi.

Membersihkan sisir

Anda suka mencuci kuas make up agar tidak menjadi tempat tinggal kuman, kan? Nah, lakukan hal yang sama dengan perangkat perawatan rambut Anda, terutama jika ingin terhindar dari ketombe. Cuci sisir dengan sabun cuci piring setelah dan diamkan dalam campuran air hangat dan cuka putih hingga setengah jam. Ulangi setiap dua sampai tiga pekan sekali.

Gunakan sampo dengan zinc

Zinc adalah kunci untuk terhindar dari ketombe. Mineral tersebut memiliki sifat antibakteri yang memerlambat pengelupasan kulit karena pergantian sel.

Coba pengobatan salon

Serpihan ketombe yang muncul pada bahu berasal dari penumpukan di kulit kepala. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya mencoba pengobatan yang ditawarkan oleh salon. Ada pengobatan yang mampu menghilangkan penumpukan dan kelebihan minyak pada kulit kepala dan dianjurkan untuk dilakukan setiap 30 sampai 45 hari.

Kenali akar rambut Anda

Tidak semua ketombe muncul karena hal yang sama dan Anda tidak bisa memerlakukan semuanya dengan cara yang sama. Ada dua jenis utama ketombe, yaitu pityiaris capitis simplex dan pityriasis steatoides. Yang pertama muncul pada kulit kepala yang yang tipis, kering dan gatal, serta disebabkan oleh stres dan faktor-faktor lain, seperti pola makan yang buruk atau tidak menjaga kebersihan yang layak. Pityiaris capitis simplex dapat diobati dengan sampo dan salep OTC. Sedangkan yang kedua muncul pada kulit kepala berminyak yang bercampur dengan sebum hingga membentuk kerak pada kulit kepala. Pityriasis steatoides harus diobati dengan bantuan dokter.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini