Share

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Ciptakan Kota Maju di Jawa

Hendra Kusuma , Okezone · Rabu 17 September 2014 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 320 1040597 csbb4IRqOm.jpg Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Ciptakan Kota Maju di Jawa (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Pembangunan kereta cepat atau shinkansen dengan rute Jakarta-Surabaya dengan pembangunannya yang dilakukan secara bertahap, Jakarta-Bandung, Bandung-Surabaya, dapat menularkan perekonomian Jakarta ke wilayah yang dilaluinya.

"Sekarang itu pertumbuhan ekonomi terpusat di Jakarta sehingga strategi untuk bisa menyelesaikan Jakarta itu membuat pertumbuhan baru," kata Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Danang menjelaskan, dengan adanya kereta cepat ini, pertumbuhan ekonomi di Jakarta yang tinggi dapat sedikit demi sedikit menjalar ke wilayah lain yang dilalui kereta cepat tersebut.

Dirinya menambahkan, seperti pada Cirebon, Tegal, Pemalang yang akan menjadi kota baru yang maju, serta membuat pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa menjadi lebih merata.

Oleh karena itu, jikalau pembangunan kereta cepat berhasil dilakukan pada pulau Jawa, wilayah selanjutnya adalah pulau Sumatera.

"Kalau jangka panjang high speed trail itu di Sumatera bukan di Jawa," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini