Share

Ibas Tegaskan Demokrasi Indonesia Jangan Sampai Mundur

Misbahol Munir , Okezone · Rabu 17 September 2014 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 337 1040505 s2KeQ8pQTC.jpg Edhie Baskoro Yudhoyono (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), menegaskan, demokrasi di Indonesia harus terus tumbuh dan berkembang jangan sampai mengalami kemunduran.  

 

Hal itu disampaikan untuk menanggapi polemik RUU Pilkada yang belakangan ini mengemuka di masyarakat luas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Untuk itu, menurut Ibas, Partai Demokrat setuju jika pemilu secara langsung tetap dipertahankan karena sejalan dengan aspirasi masyarakat.

 

"Terkait polemik RUU Pilkada, Partai Demokrat setuju dengan nafas reformasi dan pematangan demokrasi. Intinya harus sejalan dengan pemikiran rakyat termasuk aspirasi kepala-kepala daerah yang menginginkan hak politik warga negara RI tidak boleh dipangkas," ujar Ibas kepada Okezone, Rabu (17/9/2014).

 

Namun demikian, Ibas mengingatkan, perlu ada perbaikan-perbaikan dalam pasal RUU Pilkada yang berpotensi merusak nafas demokrasi.

 

"Hanya saja PD memandang perlu perbaikan-perbaikan secara terinci terkait pasal-pasal yang berpotensi menimbulkan ekses terhadap pilkada langsung tersebut," tambahnya.

 

Ibas juga mengajak seluruh pihak yang peduli dengan kemajuan demokrasi Indonesia untuk melihat secara jernih dan berorientasi pada kemajuan dan upaya pendewasaan berdemokrasi di Indonesia.

 

"Mari kita berfikir jernih, melangkah ke depan dengan tekad untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistim demokrasi kita," ujarnya.

 

Ditambahkannya, PD akan terus berada di depan untuk mengawal demokrasi berjalan di jalur yang benar.

 

"Intinya, Partai Demokrat yang lahir dari roh demokrasi akan terus berkontribusi secara konkrit menjaga demokrasi senantiasa berada di arah yang benar sesuai dasar negara kita. Pak SBY dipilih secara langsung oleh rakyat untuk memimpin juga merupakan produk demokrasi kita yang kian berkembang positif," tutupnya optimis.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini