Share

Bentuk 34 Kementerian, Jokowi Dinilai Tak Konsisten

Gunawan Wibisono , Okezone · Rabu 17 September 2014 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 339 1040172 VfHF6t6EsO.jpg Jokowi-JK saat mengikuti debat capres-cawapres di Balai Sarbini, Jakarta (Foto: Heru H/okezone)
A A A

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan 34 kabinet pemerintahannya mendatang dinilai semakin memperburuk citranya sebagai pemimpin negara.

Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, citra mantan Wali Kota Surakarta tersebut akan semakin anjlok lantaran, telah inkonsistensi dari jumlah kabinetnya tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jokowi sempat mewacanakan akanĀ  membentuk kabinet dan memperkecil dari kabinet kementerian Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diketahui berjumlah 34.

"Kalau kita lihat di awal-awal dia mengatakan ramping. Mulanya sekira 20, tapi malah 34 itulah bukti inkonsistensi pandangan Jokowi di awal," ujar Emrus kepada Okezone.

Emrus yang juga Direktur Emrus Corner menyarankan, Jokowi ke depannya jangan terlalu sesumbar, hal itu ditakutkan Emrus akan menjadi bumerang untuk Jokowi sendiri.

"Nah supaya kredibilitas Jokowi bisa berjalan terus, bahwa pandangan-pandangannya, pendapat-pendapatnya yang disampaikan ke publik, idealnya digodok dulu, direncanakan dulu baru disampaikan," sarannya.

Sekadar diketahui, Jokowi-Muhammad Jusuf Kalla (JK) saat berkampanye dalam pemilihan presiden dan wakil presiden berjanji akan membentuk kabinet ramping.

Selain itu, Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto juga mengatakan, dalam kabinetnya mendatang Jokowi akan merampingkan dari kabinet sebelumnya dari 34 menjadi 27. Hal itu dikatakan Andi, lantaran merujuk pada visi dan misi dari program Jokowi-JK.

Namun, pada saat pengumuman struktural kabinet di pemerintahannya mendatang, Jokowi malah mengungkapkan periode 2014-2019 akan ada 34 kabinet, yang terdiri dari 18 tenaga profesional dari luar partai, dan 16 dari partai.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini