Share

Kabut Asap Makin Tebal, Udara di Riau Tidak Sehat

Banda Haruddin Tanjung , Okezone · Rabu 17 September 2014 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 340 1040236
A A A

PEKANBARU - Dampak tebalnya kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Riau kini mulai dirasakan masyarakat. Di Pekanbaru misalnya, sebagian besar warga harus memakai masker karena udara mulai tidak sehat.

Berdasarkan pantauan alat pendeteksi di sejumlah titik di Pekanbaru, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukan di titik kuning (tidak sehat). Terjadi kenaikan satu tingkat dari sehari sebelumnya yang berada di posisi sedang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Asap ini sudah mulai mengganggu, untuk menjaga kesehatan saya pakai masker," ucap Annisa salah satu mahasiswa di Pekanbaru, Selasa (17/9/2014).

Sementara itu menurut Kabid Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, kondisi udara tidak sehat juga terjadi di Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir.

"Pagi ini ISPU di Pekanbaru 138, di Duri Kabupaten Bengkalis ISPUnya 153 dan Bangko, Kabupaten Rohil 73," kata Agus Wibowo terpisah.

Selain berdampak terhadap kesehatan masyarakat, sambungnya, kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan juga berdampak keterbatasan jarak pandang.

"Sejak pukul 7.00 WIB jarak pandang (visibilty) di Pekanbaru sekitar satu kilometer," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini