Share

UI Kalah Cemerlang dari Kampus Malaysia

Fajar Nugraha , Okezone · Rabu 17 September 2014 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 373 1040323 nXOPgscOAR.jpg Universitas Indonesia (Foto: Heru/Okezone)
A A A

JAKARTA - QS World University Rankings mengeluarkan daftar universitas terbaik di dunia. Daftar ini turut menyertakan nama-nama perguruan tinggi di Indonesia. Namun, nama Indonesia itu masih kalah dari Malaysia.

Dalam daftar Top Universities yang dikeluarkan oleh QS, Universitas Indonesia (UI) berada di urutan teratas daftar kampus terbaik di Indonesia. Nama UI pun mengalahkan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan beberapa kampus lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tetapi dari sisi dunia, nama UI kalah cemerlang dari kampus-kampus Malaysia. Universiti Teknologi Malaysia (UTM) misalnya, berada di urutan 294.

UTM adalah kampus teknik tertua yang didirikan di Malaysia. UTM memiliki spesialisasi dalam pendidikan teknik dengan fakultas seperti teknik sipil, mekanik, elektro, teknik kimia serta teknik biomedis. UTM dianggap sebagai pencetak utama profesional dalam bidang teknik di Malaysia.

Termasuk dalam peringkat QS ini adalah Universiti Sains Malaysia (USM). Berada di peringkat 309, USM berkembang pesat sejak pertama kali dibentuk pada 1969. Kampus ini merupakan universitas kedua yang didirikan di Negeri Jiran. Diawali dengan 57 mahasiswa ketika dibuka, kini USM memiliki sekira 20 ribu mahasiswa yang mengikuti perkuliahan S-1 ataupun magister.

Tepat di bawah USM, UI menyusul di peringkat 310. Universitas yang berlokasi di Depok ini, berakar dari zaman kolonial Belanda. Awalnya UI merupakan sekolah kedokteran STOVIA dan kini menjadi kampus terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings.

Beberapa nama kampus Indonesia lain yang kalah mentereng dari kampus-kampus Malaysia juga merupakan kampus yang dianggap sebagai unggulan dan diminati oleh banyak pelajar. Kampus-kampus tersebut antara lain:

- Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di peringkat 461.

- Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 551.

- Universitas Airlangga diurutan 701.

- Institut Pertanian Bogor (IPB) juga diperingkat 701.

- Universitas Diponegoro (Undip) dengan peringkat 701.

- Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berada diperingkat 701, serta;

- Universitas Brawijaya turut berada di peringkat 701.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini