Share

Sistem CAT Jamin Seleksi CPNS Lebih Kompetitif

Marieska Harya Virdhani , Okezone · Rabu 17 September 2014 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 373 1040521 fCqY282GjX.jpg Suasana tes CPNS (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Seleksi calon pegawi negeri sipil (CPNS) dinilai lebih terseleksi dengan sistem CAT. Sistem ini memudahkan waktu seleksi CPNS.

Para peserta yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) bisa mendaftar hanya dengan memasukkan NIK KTP elektronik diikuti data-data pribadi, seperti jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, serta riwayat pekerjaan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain dari website Kemenpan-RB, mencoba sistem CAT (Computer Assisted Test) yang dapat diakses di situs id.jobsDB.com/KAMPUS, peminat hanya perlu memasukkan NIK serta password yang telah dibuat. Selanjutnya akan muncul halaman dengan soal-soal pilihan ganda.

Pada halaman ini juga ditampilkan jumlah soal keseluruhan, soal yang sudah dan yang belum dijawab, serta total waktu dan sisa waktu. Melalui simulasi online ini, para peminat bisa membiasakan diri dengan bentuk soal serta situasi menyelesaikan materi tes melalui komputer.

Managing Director jobsDB Indonesia Ariadi Anaya mengatakan, sistem CAT akan menjamin seleksi CPNS yang lebih kompetitif, obyektif, transparan, serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sistem ini memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

“Semua soal ditampilkan di layar komputer dan harus dijawab secara online. Karena itu pelamar perlu menyesuaikan diri agar tidak terkejut dan membuang waktu pada saat tes yang sesungguhnya. Jadi lebih objektif dan kompetitif,” tegasnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (17/09/2014).

Pihaknya mendapat mandat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), untuk membantu para pelamar mempersiapkan diri menghadapi Seleksi CPNS dengan sistem CAT.  

Ia mengklaim pihaknya memberikan para pencari kerja kesempatan-kesempatan kerja yang sesuai dengan impian mereka, serta di saat yang bersamaan memberikan kepuasaan kepada pemberi kerja untuk mendapatkan karyawan yang ideal.

“Kemajuan teknologi dan perkembangannya saat ini memberikan kemudahan bagi penguna internet dalam mendapatkan informasi yang lebih cepat dan aktual. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu negara dengan jumlah penguna internet terbesar di dunia. Menurut penelitian Andi Boediman dari Ideosource, dari 200 juta penduduk Indonesia, pada tahun 2012 terdapat 30 juta pengguna internet di Indonesia yang setiap harinya berkecimpung pada dunia online internet,” jelasnya.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini