Share
Advertisement

Balitbangnovda Sumsel Luncurkan Jejaring Intermediator Teknologi

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Rabu 17 September 2014 12:13 WIB
Pelatihan Intermeditor Teknologi yang diselenggarakan oleh Balitbangnovda di Palembang Senin, (15/9/2014) (foto : Ahmad Luthfi/Okezone)
Pelatihan Intermeditor Teknologi yang diselenggarakan oleh Balitbangnovda di Palembang Senin, (15/9/2014) (foto : Ahmad Luthfi/Okezone)
A
A
A
PALEMBANG – Selama perjalanan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) pada 2010 sampai 2014, dirasakan pertumbuhan inovasi melalui pendayagunaan hasil litbang masih berjalan lamban. Berdasarkan kajian SIDa, ditemukan minimnya kualitas intermediator teknologi untuk mempertemukan penghasil teknologi dengan calon pengguna teknologi.

Pada 15 September 2014, diluncurkan jejaring intermediator teknologi Sumatera Selatan yang mengusung slogan “Iptek untuk Rakyat”. Seperti apa jejaring intermediator ini, bisa diketahui dengan bergabung di grup “Iptek untuk Rakyat” di jejaring sosial Facebook.

Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Sumatera Selatan ini menumbuhkan dan melatih tenaga-tenaga intermediator teknologi di seluruh perguruan tinggi serta lembaga litbang yang ada di sana.

Tugas mereka adalah membuat data based teknologi potensial yang ada di institusinya, melakukan survei kebutuhan teknologi industri kecil dan UMKM di Sumatera Selatan, melakukan link and match untuk mempertemukan teknologi yang ada dengan UMKM yang membutuhkan.

Selanjutnya, mereka akan bekerja sama dengan inkubator teknologi yang ada untuk menginkubasi teknologi atau menginkubasi wirausaha. Sehingga, dihasilkan wirausaha inovatif.

Wadah komunikasi dengan masyarakat dilakukan melalui grup Facebook “Iptek untuk Rakyat”. Ini merupakan yang pertama di Indonesia.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement