Share

Pertamina Beli Rig untuk Bor Minyak Aljazair

Fakhri Rezy , Okezone · Kamis 18 September 2014 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 19 1040805 TdgBgyrgkq.jpg Rig milik Pertamina. (Foto: Okezone)
A A A

BATAM - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Driling Service Indonesia (PDSI) telah membeli Rig dari PT Citra Tubindo Engineering. Rig tersebut berkapasitas sangat besar.

Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Ali Mudakir mengatakan, PT Citra Tubindo Engineering telah membuat rig tersebut sejak 2011. "Rig ini kapasitas kekuatannya 1.500 horse power (hp)," ujar Ali di Batam, Kamis (18/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia menjelaskan, rig tersebut sudah termasuk besar untuk saat ini. Adapun kekuatan terbesar, berada di 2.000 hp. "Melihat besarnya dan berapa dalam, 1.500 hp ini bisa mengebor sedalam 3.500-5.000 m," ujar Ali.

Menurutnya, dengan Indonesia dapat membuat rig sendiri, harga rig tersebut cukup kompetitif dibandingkan dengan menyewa dari asing. Namun, PDSI juga membeli rig ketiga yang akan digunakan di kilang minyak Aljazair.

Ali mengatakan, rig ketiga dibeli melalui PT Citra Tubindo Engineering di Batam. Dengan nilai investasi USD26 juta per rig. "Ini kerja sama dengan Citra tubindo engginering, dua (rig) sudah digunakan di Blok Cepu oleh Exxon," tambah dia.

Menurutnya, rig tersebut akan digunakan untuk mengebor di blok 405a di Aljazair, setelah sebelumnya Pertamina menyewa rig dari perusahaan Aljazair. "Yang jelas dengan jadi operator di Aljazair itu pentingnya kita menjadi operator di negara luar, kita bisa bawa orang kita, kita bisa bawa alat kita," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini