Share

Pemerintah Terus Cari Investor Listrik

Selfiani Hasanah , Okezone · Kamis 18 September 2014 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 19 1040896 FwegXbSMln.jpg Ilustrasi listrik. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) guna mengakselerasi transformasi energi. Dalam rencana tersebut, tengah dipercepat pembangunan energi panas bumi sebagai pengganti energi listrik konvensional.

"Itu jelas, nanti RUEN itu akan disesuaikan, jadi kita geber nanti semua kita geber, semua pelaku kita geber kita dorong agar lebih maksimal," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, saat ditemui di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia mengatakan, Kementerian ESDM akan selalu mendukung pembangunan tersebut, dengan mempermudah perizinan-perizinan. "Kampanye-kampanye kita bantu, kemudian kita suruh mereka join, supaya pengembangan energi baru terbarukan itu secara masif," jelasnya.

Meski demikian, dia melihat target yang sudah direncanakan tetap tidak bisa terpenuhi. Oleh karena itu, selagi energi panas bumi belum berkembang pesat, maka pemerintah tetap menaruh segala harapannya terhadap batu bara.

"Kita enggak punya pilihan lain, selain batu bara, kemudian kita juga nantikan dalam waktu dekat kalau dulu pembangkit listrik itu kan boleh dikatakan harus melalui prosedur yang menghalang-halangi, sekarang kita buka," tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan pemerintah juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membangun listrik, mengingat kebutuhan listrik di Indonesia yang hingga kini belum dapat terpenuhi secara maksimal.

"Bayangkan ya 10 mw per tahun, waduh bukan main. Saya mau meresmikan pom limbah cair, dengan tenaga 1 mw, itu bisa dibangun kalau seluruh Indonesia ada 1.000 pks (pabrik kelapa sawit) itu bisa menghasilkan listrik 1.000 mw, kan luar biasa" tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini