Share

Investor China Tertarik Bangun Listrik Hydro

Amir Sarifudin , Okezone · Jum'at 19 September 2014 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 19 1041255 9zbaDZZVka.jpg Investor China Tertarik Bangun Listrik Hydro (Ilustrasi: Okezone)
A A A

BALIKPAPAN- Kabupaten termuda di Kalimantan Timur Mahakam Ulu akan membangun pembangkit listrik yang memanfaatkan air terjun untuk memenuhi pasokan  listrik bagi masyarakatnya.

Mahulu terdiri dari lima kecamatan yakni kecamatan Long Bagun, Long Apari, Long Apari, Long Hubung dan Laham. Mahakam ulu pisah sejak 16 bulan lalu dari kabupaten Utai Barat, Kaltim

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pejabat Sementara Bupati Mahakam Ulu Muhammad Safri Ruslan mengatakan, saat ini sudah ada 15 air terjun yang dianggap layak dimanfaatkan untuk pembangkit listrik karena sudah dilakukan survei oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama pemerintah setempat untuk  dijadikan sumber daya listrik dengan kapasitas 20 megawatt.

“Sekarang tahap perencanaan, lagi DED. Kalau potensi kecil kita akan pakai tenaga surya dan angin untuk support yang hydro,” ungkapnya.

Menurutnya, 15 air terjun yang akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tersebut, karena rata-rata lokasinya berada di Ibukota kabupaten dan kecamatan, sehingga dianggap lebih mudah aksesnya. “Rencananya kita akan upayakan bangun di tiap kecamatan,” ucapnya.

Sebenarnya kata Ruslan, ada puluhan air terjun di Mahakam Ulu, yang bisa dimanfaatkan jadi pembangkit listrik. “Yang potensi yang cukup tinggi ya ada 15 air terjun untuk pembangkit listrik tenaga air (Hydro),” katanya

Ruslan menjelaskan dalam RAPBD  2015 Mahamakam Ulu akan menyiapkan dana hingga Rp2 miliar sebagai dana pendamping. Karena pembangunan tenaga listrik yang memanfaatkan air terjun tersebut akan dibangun investor dari China bekerja sama dengan PLN Wilayah Kalimantan Timur.

Dia menambahkan sambil menunggu pembangunan pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga air terjun, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu rencananya  bulan depan menambah dua unit genset berkapasitas 250 KVA bagi masyarakat.

Di samping itu program listrik melalui pembangkit tenaga surya juga sedang dibangun pemerintah pusat. Pembangunan PLTS  akan dibangun di dua desa. Saat ini tengah dilakukan survei dan mobilisasi alat dari pemerintahan pusat.

“Di desa Long Nunuk sebesar 40 KW, dan desa 1-2 di Long Pahangai itu 50 KW. Anggaran dari pusat Rp11 Miliar,” tambah Kepala Kantor Pengelola Perbatasan Mahulu Harun Al Rasyid saat mendampingi Pj Bupati Mahulu.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini